Kartini masa kini

Purworejo – Menjadi “Kartini” masa kini tidaklah mudah. Perempuan masa kini yang telah berpendidikan tinggi dan mempunyai jenjang karier senantiasa dituntut untuk tetap memperhatikan keutuhan dan kebutuhan keluarga. Kartini masa kini dituntut luwes menjadi ibu sekaligus berpikiran maju. Nilai seperti itulah yang berkembang kini.

Kartini masa kini adalah seorang wanita yang tangguh, mandiri, bertanggungjawab atas diri sendiri dan lingkungan ataupun keluarganya. Seorang istri dan ibu di masa modern ini dituntut pintar dalam segala hal, harus bisa bekerja di dalam dan di luar rumah tanpa melupakan kodratnya.

Nilai itu yang berusaha diimplementasikan oleh Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Kab.Purworejo dengan menyelenggarakan lomba menyajikan kudapan berbahan dasar ikan. Dengan semangat memperingati hari Kartini, lomba tersebut diselenggarakan berbarengan dengan lomba menyanyikan lagu Islami pada Jum’at (17/4) di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Purworejo.

Kedua lomba tersebut mengandung makna bahwa para istri pegawai Kankemenag Kab.Purworejo senantiasa harus menjaga kodratnya dengan memenuhi tugasnya sebagai istri dan ibu dalam menyiapkan sajian yang bergizi bagi keluarga dan peran wanita sebagai pendidik. Sebagai madrasatul ‘ula, para ibu harus membekali diri dengan pengetahuan khususnya Islami sebagai modal mendidik anak. Lagu Islami dapat menjadi salah satu media para ibu dalam menanamkan nilai Islami pada anak-anaknya.

Sebanyak 22 tim dari KUA, Madrasah Negeri, dan Kankemenag mengikuti lomba menyajikan kudapan berbahan dasar ikan. Sedangkan 10 orang dari perwakilan KUA, Madrasah Negeri, dan Kankemenag mengikuti lomba menyanyikan lagu Islami. Setelah melewati proses penjurian, terpilihlah tiga orang pemenang dari masing-masing cabang lomba.

Pada lomba menyajikan kudapan berbahan dasar ikan, terpilih Juara I dari MAN Purworejo, Juara II dari KUA Bagelen, dan Kankemenag Kab.Purworejo sebagai Juara III. Sedangkan pada lomba menyanyikan lagu Islami terpilih MTsN Purworejo sebagai Juara I, MTsN Bener sebagai Juara II, dan Kankemenag Kab.Purworejo sebagai Juara III. (azizah)