Kartini, sosok keseimbangan peran wanita

Temanggung – Tidak seperti apel-apel pagi biasanya, pagi hari ini tanggal 21 April 2015 adalah apel pagi yang istimewa. Apel yang dilaksanakan di halaman Kantor diikuti oleh semua karyawan/ karyawati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, yang menjadikan apel ini istimewa karena semua petugasnya adalah para karyawati baik komandan apel maupun yang bertugas melaporkan keadaan Apel. Disamping itu semua karyawati diwajibkan mengenakan busana nasional dan karyawan berbusana batik lengan panjang. Semua ini bertujuan untuk memperingati, mengenang, melanjutkan dan mewujudkan cita-cita Ibu RA Kartini dalam memajukan kaum perempuan.

Bertindak sebagai komandan apel adalah Penyelenggara Syariah Dra. Hj. Haryatiningsih. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa karyawan/karyawati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, telah memperingati hari kelahiran Kartini walaupun dilaksanakan secara sederhana. Segenap karyawan/karyawati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung diharapkan mampu menseimbangkan posisinya dalam berbagai dimensi kehidupan baik sebagai hamba Allah, isteri maupun ibu dalam keluarga, aparatur pemerintahan dan anggota masyarakat. Jiwa dan semangat Kartini selalu terjaga dalam sanubari karyawati, sehingga mampu menampilkan karyanya untuk masyarakat, negara disamping itu peluang untuk jenjang karier berikutnya terbuka luas bagi para karyawati.

Dalam sejarahnya kartini merupakan wanita yang haus akan keseimbangan peran sosial, budaya dan agama. Kartini adalah sosok yang mengajak setiap perempuan memegang teguh ajaran agamanya, dan meninggalkan ide-ide kebebasan yang menjauhkan perempuan dari fitrahnya dan tidak pernah mendorong perempuan meraih kebebasan dengan meninggalkan kewajibannya sebagai seorang isteri dan seorang ibu karena perempuan adalah orang pertama yang membentuk budi pekerti anak-anak. Apel ditutup dengan menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini dan Doa bersama.(Sur)