Karu Karom Jamaah Haji Kabupaten Pemalang Terbentuk

Pemalang – Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji tahun 1438 H/2017 M tahap pertama telah ditutup. Seluruh calon jamaah haji Kabupaten Pemalang sebanyak 614 orang telah melunasi BPIH. Guna menyiapkan pelaksanaan ibadah haji, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang menggelar rapat koordinasi pembentukan Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom), Selasa siang (16/5) di aula Kankemenag.

Rakor diikuti oleh Kepala KUA Kecamatan dan perwakilan calon jamaah haji se-Kabupaten Pemalang. Rakor membahas rencana kegiatan manasik tingkat kecamatan dan pembentukan Karu Karom. Acara dibuka oleh Kepala Kankemenag, Taufik Rahman. Dalam sambutannya, Taufik menjelaskan kewajiban Pemerintah kepada jamaah haji.

“Dalam hal penyelenggaraan ibadah haji, Pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji, akomodasi, transportasi, pelayanan kesehatan, keamanaan dan lain-lain yang diperlukan oleh jamaah,” jelas Taufik.

Dalam hal bimbingan ibadah haji, Kankemenag Kabupaten Pemalang akan menggelar bimbingan manasik haji massal tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan. Bimbingan manasik haji massal tingkat kabupaten akan diadakan dua kali yaitu tanggal 18 Mei 2017 dan 18 Juli 2017. Untuk bimbingan manasik haji tingkat kecamatan akan diadakan mulai tanggal 21 sampai dengan 23 Mei 2017.

Taufik meminta kepada para calon jamaah haji untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan manasik haji. “Seluruh calon jamaah haji diharapkan bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan manasik haji mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat kecamatan. Ikuti dengan baik untuk menambah wawasan. Jamaah juga harus mempersiapkan fisik dan mental dengan baik semoga pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar,” himbaunya.

Acara dilanjutkan dengan pembentukan Karu dan Karom yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi PHU, Supiyati. Dari hasil pembentukan, terpilih 55 orang Karu dan 14 orang Karom untuk jamaah haji kloter penuh dan gabungan Kabupaten Pemalang.

“Dengan terbentuknya Karu-Karom akan mempermudah koordinasi antara Petugas Kloter dengan Karom, Karom dengan Karu, dan Karu dengan jamaah,” jelas Supiyati.

Dari hasil seleksi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Petugas Kloter (TPHI) Kabupaten Pemalang tahun 1438 H/2017 M akan diemban oleh M. Husin selaku Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam dan Nur Efendi selaku Penyuluh Agama Islam pada Kankemenag.

Mengakhiri acara, Supiyati berpesan kepada Kepala KUA Kecamatan agar melaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan sesuai ketentuan. (Fajar/rf)