KASI BIMAS ISLAM HADIRI INTERNASIONAL GASTRONOMY CONFERENCE

Salatiga — Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan kegiatan “Salatiga International Conference Gastronomy History” di Benteng Hock Satlantas Kota Salatiga, Jumat (18/06). Kasi Bimas Islam Kankemenag Kota Salatiga, Nurcholis berkesempatan menghadiri acara tersebut sebagai tamu undangan sekaligus petugas pembaca doa.

Kegiatan  yang dimaksudkan sebagai salah satu cara Pemerintah Kota  Salatiga dalam berupaya berinovasi serta meningkatkan kreativitas sektor kuliner Gastronomi di Kota Salatiga itu dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, H. Sandiaga Salahudin Uno, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Sekda, Asisten 1 Sekda, Dinas Pariwisata, perwakilan stakeholder, para angota Forkompida serta para kepala SKPD serta utusan dari berbagai organisasi pangan atau kuliner yang ada di Kota Salatiga.

Berbagai olahan kuliner khas Salatiga yang akan diangkat ke kancah dunia seperti singkong, sambal tumpang, enting-enting gepuk, ronde, dan lain sebagainya ditampilkan pada acara tersebut. Selain itu, berbagai produk seperti Batik khas Salatiga juga ikut dimunculkan sebagai daya tarik tersendiri. Diharapkan kegiatan tersebut akan berdampak pada kemajuan perekonomian di Kota Salatiga, sejalan dengan semakin dikenalnya kuliner khas Salatiga tidak hanya pada tingkat nasional tapi juga internasional.

Kegiatan konferensi tersebut juga diisi dengan acara seminar virtual yang bertemakan dunia perkulineran di lingkungan kota Salatiga. Sedangkan yang bertindak selaku narasumber dalam acara tersebut terdiri dari Prof. Dr. Arif Rochman, M. Pd., Chen Wicaksono, Dr. Tracy Berno (New Zealand) Associate Professor with the School of Hospitality & Tourism), Vita Datau (Head of Acceleration Team for the Development of Culinary and Shopping Tourism Indonesia) , Triwiyono Triwikromo (Sejarawan Indonesia), .Pd.I, M. Hum., Dr. Jutamas Wisansing (Managing Director and Consultant Perfect Link Consulting Group Thailand), Adrian Ishak (Molecular Gastronomy Chef Indonesia), Namaaz Dining, dan Kartik Gandhi (Food Vlogger India). (Humas/Nurcholis-Fitri)