KASI PHU Kantor Kementerian Agama Wonosobo, Monitoring BPS BPIH

Wonosobo – Jelang Penyelenggaraan Haji tahun 2018, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Wonosobo, lakukan monitoring dengan pihak Bank penerima setoran biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPS BPIH Kabupaten Wonosobo, Rabu (18/4) kemarin.

Kasi Penyelenggaraan umroh dan Haji (PHU) Totok Jumantoro menyebutkan, monitoring ke BPS BPIH yakni untuk melakukan pendataan bagi calon Jemaah Haji dalam pelaksanaan pelunasan tahap 1 bagi Calon Haji Kabupaten Wonosobo tahun 2018 M /1439 H.

“Monitoring dilakukan untuk pendataan pelunasan bagi calhaj tahap 1, dan yang berhak melunasi biaya Haji pada tahun ini yakni sebanyak 763 calon haji,”ungkap Totok

Dari data yang diperoleh pihaknya mengungkapkan, hingga hari Rabu tertanggal 18 April 2018, jumlah calon Haji yang telah melaksanakan pelunasan pada BPS BPIH, yakni sebanyak 354 orang. Sementara sisanya masih dalam proses pelunasan.

“Ya sampai hari ini kami melakukan monitoring, baru separo atau setengah dari jumlah keseluruhan calon haji yang  berhak melunasi biaya haji pada tahun ini, yakni 354 calon haji, dari masing-masing BPS BPIH yang dikumpulkan dari kemarin, dan untuk pelunasan sebenarnya lebih banyak kemarin, yakni terdapat 275 calhaj dan hari ini 79 calhaj yang melunasi. Jadi kalau ditotal tepat yakni 354 calhaj,”tambahnya.

Selanjutnya, monitoring akan terus dilakukan dan pihaknya berharap, pelaksanaan Ibadah haji tahun 2018 kali ini bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun baik dari persiapan, pendaftaran, pelunasan atau pra pemberangkan, hingga pemberangkatan haji hingga kembali lagi. Ps-ws/rf