Kebaikan di Bulan Ramadhan agar Dijaga

Pemalang – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam. Hal ini karena pada bulan Ramadhan, seluruh amal kebaikan yang dikerjakan akan diberikan pahala berlipat-lipat dibanding di bulan lainnya.

Umat Islam pada umumnya memperbanyak ibadahnya dan berlomba-lomba mengerjakan kebaikan di bulan Ramadhan. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman berharap kebaikan yang telah dibangun di bulan Ramadhan bisa berlanjut di bulan lainnya.

“Mari kita semakin meningkatkan ibadah kita, amalan kita menjelang berakhirnya bulan Ramadhan. Tapi yang lebih baik lagi adalah bagaimana ibadah dan amalan kita yang telah kita tingkatkan ini bisa dibawa sampai seterusnya,” ajak Taufik dihadapan jamaah sholat Subuh masyarakat Kecamatan Ampelgading di Masjid Baitussalam Desa Banglarangan, Kamis (31/5).

Kegiatan sholat Subuh jajaran Kankemenag bersama masyarakat merupakan kegiatan yang biasa dilaksanakan di bulan Ramadhan. Camat, Kapolsek, Danramil, dan Kepala KUA Kecamatan Ampelgading ikut menghadiri kegiatan kali ini.

Selanjutnya, dalam rangka menjaga kerukunan dan keamanan di Kabupaten Pemalang, Taufik mengajak para tokoh agama Islam untuk memberikan ceramah yang menyejukkan kepada masyarakat.
“Masyarakat kita harus dibimbing untukĀ  tetap menjaga kerukunan, perdamaian, keamanan, jangan gontok-gontokan. Para kyai, mubaligh, penyuluh untuk memberikan ceramah yang menyejukkan kepada masyarakat. Ketika agama diterapkan dengan baik, insya Allah negara Indonesia baldatun toyyibatun,” ujarnya.

Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, dia mengajak masyarakat untuk mengeluarkan zakatnya. Bukan hanya zakat fitrah, namun zakat mal, zakat profesi, dan zakat lainnya. Terlebih di Masjid Baitussalam telah dibentuk Unit Pengumpul Zakat untuk memudahkan pengumpulan zakat dari masyarakat sekitar.

Di jajaran Kankemenag, dijelaskan Taufik, seluruh ASN yang beragama Islam yang telah memenuhi asnaf membayarkan zakat profesinya melalui UPZ Kankemenag. Zakat tersebut dimanfaatkan untuk membantu mustahik di Kabupaten Pemalang. Salah satu bentuk penyerahannya melalui kegiatan safari sholat Subuh. (fi/rf)