Keberagaman Bahasa Meningkatkan Rasa Nasionalisme Siswa

Tegal (Slawi ) – Peringatan Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan sukses membangkitkan semangat pemuda-pemudi MAN 2 Tegal. Kegiatan yang mengusung tema “Keberagaman Bahasa Meningkatkan Rasa Nasionalisme“ ini diadakan pada peringatan hari pahlawan. Kegiatan itu digagas oleh pengurus OSIS MAN 2 Tegal dalam rangka meningkatkan kebahasaan serta meningkatkan rasa nasionalisme dan rasa kebangsaan siswa.

Peringatan Bulan Bahasa yang diadakan bertepatan hari pahlawan dijadikan sebagai momen untuk menggali potensi siswa melalui lomba-lomba yang berkaitan dengan kebahasaan dengan tidak meninggalkan peringatan hari pahlawan yang dijadikan tema dalam setiap perlombaan.

Seperti lomba musikalisasi puisi dengan lagu wajib “Gugur Bunga”, serta puisi yang bertemakan pahlawan. Selain itu juga diadakan lomba Pidato Bahasa Arab, Story Telling, Lomba Menulis Cerpen serta Lomba Jurnalistik yang diikuti oleh perwakilan dari setiap kelas di MAN 2 Tegal.

Salah satu peserta lomba musikalisasi puisi yang ditemui di sela-sela kegiatan Tanti Faulizah menuturkan “Dirinya masih saja merasa nervous meski sudah latihan berhari-hari, namun dirinya tetap optimis bahwa ia dan rekan-rekannya dapat mencuri hati juri”, terangnya.

Ditemui selepas menjadi juri, Titik Lina Handaru yang juga Pembina OSIS mengatakan “Tujuan diadakannya kegiatan ini agar para siswa dapat mengaplikasikan mata pelajaran yang berkaitan dengan kebahasaan seperti bahasa arab dan bahasa inggris. Selain itu kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk memupuk semangat kebangsaan serta nasionalisme, juga sebagai wahana untuk menggali dan menyalurkan bakat dan potensi siswa”, terangnya.

Titik menambahkan, “Bahwa dirinya merasa puas dan senang akan penampilan semua peserta kegiatan yang diadakan OSIS ini. Saya sangat mengapresiasi kinerja OSIS yang dengan jumlah panitia yang minim, namun dapat memberikan gebrakan yang besar dalam peringatan bulan bahasa serta hari pahlawan tahun ini. Tidak hanya panitia, para peserta pun sangat antusias dalam kegiatan ini, walau ada beberapa peserta yang belum mengeluarkan bakatnya secara maksimal”, tambahnya.

Dia berharap, Semoga untuk kegiatan selanjutnya siswa akan lebih mempersembahkan kemampuannya dengan semaksimal mungkin, agar jika ada lomba di luar madrasah, siswa lebih siap dalam mengikutinya.

Ketua Panitia yang juga Ketua OSIS MAN 2 Tegal, Ade Rizqiana Putra mengatakan “Semoga kegiatan lomba peringatan bulan bahasa dan hari pahlawan ini dapat menjadikan para siswa lebih mengetahui keberagaman bahasa dengan tidak melupakan sejarah,” jelasnya. Selain itu melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menggali potensi dan bakat yang dimiliki siswa serta menjadi ajang silaturahim antarkelas”, pungkasnya. (dhi-ras/rf)