Kebersihan, cermin Akhlak Santri

Rembang – Kebersihan merupakan budaya yang harus diterapkan oleh santri. Sebagaimana yang diajarkan dalam Islam, bahwa Allah menyukai keindahan dan kebersihan. Oleh karena itu, MTsN 4 Rembang menggelar lomba untuk menyambut Hari Santri. Setelah mengadakan upacara hari santri, MTsN 4 Rembang menggelar beberapa lomba antara lain lomba kebersihan kelas dan lomba tarik tambang.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, semua peserta didik MTs N 4 Rembang adalah santri. Menurutnya sebutan santri tidak hanya sebatas anak yang mondok saja, melainkan siswa-siswi yang menjunjung tinggi dan mengamalkan ajaran agama islam sesuai Al Qur’an dan Hadits juga disebut santri, hal itu tercermin dalam perilaku, sikap dan pola pikir.

“Contohnya dengan tadarus Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai, rutin sholat sunah dhuha, berbakti kepada bapak dan ibu guru, patuh kepada orang tua dan lain-lain. Selain itu juga mengamalkan ajaran agama, yaitu disiplin dalam hal kebersihan,” urainya.

Lomba ini diikuti oleh 18 kelas yang terdiri dari 6 kelas VII, 6 kelas VIII dan 6 kelas IX dan berlangsung di halaman depan gedung.

Untuk lomba kebersihan kelas tiap kelas mendesain dan menghias kelas masing –masing, sehingga tampilan ruangan kelas tampak bersih, menarik dan nyaman. Sedangkan untuk lomba tarik tambang, tiap kelas mendelegasikan perwakilannya untuk berkompetisi denga kelas yang lain.

Lomba kebersihan kelas berlangsung secara periodik dan kontinyu artinya untuk menjadi juara penilainnya dimulai tanggal 22 Oktober bertepatan denagn hari santri nasional dan berakhir sampai bulan Desember (bertepatan dengan Penilain Akhir Semester).

Rahma Puspitasari Siswa kelas IX mengaku sangat bangga dan senang dengan adanya even upacara dan lomba bertepatan dengan hari santri. Dia berharap, spirit hari santri ini bisa menjadi inspirasi dan energi baru bagi siswa untuk menjadi lebih baik lagi. –dwi/iq/bd