KeCanTOL KaMu, Inovasi Pelayanan KUA Karanganom Klaten

Klaten – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, KUA Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten yang bekerja sama dengan Puskesmas Karanganom, menyelenggarakan Bimbingan Perkawinan di masa pandemi Covid 19 ini dengan program KeCanTOL KaMu V (Kelas Calon Pengantin OnLine Karanganom Mantap dan Unggul) secara virtual melalui google meet yang diikuti 30 pasang catin,  Jumat (25/6).

Kepala KUA Karanganom, Muslih, mengatakan KeCanTOL KaMU sudah berjalan lima kali di masa pandemi ini, bertujuan memberikan bekal kepada calon pengantin agar terwujud keluarga berkualitas sakinahmawaddah warahmah.

“Ini merupakan inovasi dari KUA Karanganom, dengan memanfaatkan IT dalam masa pandemi ini, agar catin mempunyai ilmu dalam berumah tangga,” tandas Muslih.  

Selain itu sebagai salah satu upaya menurunkan angka perceraian, menurunkan angka kematian ibu dan anak serta menurunkan angka stunting, jelas Kepala KUA Karanganom.

Selanjutnya, KUA Karanganom juga mempunyai gebrakan baru dalam melayani masyarakat yaitu Program Percepatan Pelaksanaan Integritas dan Perkawinan, merupakan kerja sama antara KUA Karanganom dengan Disdukcapil Kabupaten Klaten.

“Semoga acara seperti ini bisa berlanjut pada KeCanTOL KaMU VI pada bulan Juli mendatang. Dan yang terpenting bisa  memberikan manfaat bagi calon pengantin dan remaja usia menikah menuju mahligai rumah tangga sakinah mawaddah warahmah, dan catin tidak berhenti di acara ini saja tetapi tetap terus belajar terkait dengan kerumahtanggaan,” pinta Muslih.

Sementara itu, Sri Winoto, selaku Plt. Kadisdukcapil Kabupten Klaten dalam sambutannya berharap, KUA Karanganom menjadi pelopor dalam menyelenggarakan pengurusan administrasi bagi calon pengantin.

“Jadi, ketika calon pengantin sudah aqad nikah maka mereka akan mendapatkan Buku Nikah, KTP dan Kartu Keluarga (KK) baru. Dan pelayanan ini, baik pihak KUA Karanganom maupun Disdukcapil Kabupaten Klaten tidak memungut biaya sedikitpun atau gratis,” ungkap Winoto.

Kegiatan ini menghadirkan para narasumber Herita Nur Fatmawati (PAI Fungsional Kabupaten Klaten) menyampaikan materi Etika Perkawinan dan Keluarga Sakinah, Indira Rahma Annisa (Aktifis Pendiri Taman Baca “Widya Anatar” Karanganom) materi UU Perkawinan, dan Pipit  Sri Handayani (Bidan Koordinator Puskesmas Karanganom) materi Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin.(mh_aj/Sua)