Kegiatan Apel Memperingati Milad Muhammadiyah Ke-109 MI Muhammadiyah Kauman

Kab. Pekaloangan – MI Muhammadiyah Kauman melaksanakan apel memperingati Milad Muhammadiyah ke 109, dengan tema “Optimis Hadapi Pandemi Covid-19, Menebar Nilai Utama”. Apel dipimpin oleh Waka Kesiswaan M. Sukron, S.Pd dan diikuti oleh seluruh guru dan karyawan MI Muhammadiyah Kauman. (Kamis, 18 November 2021).

Apel dimulai pukul 07.30 WIB dengan susunan acara inti menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah, amanat pembina apel dan doa. Pembina apel oleh Hj. Caritun, guru yang mengemban tugas sebagai wali kelas 6 dan merupakan salah satu  guru senior di MI Muhammadiyah Kauman.

“Umur Muhammadiyah ke-109 tahun merupakan umur yang tidak sedikit. Kalau diterapkan di manusia, umur tersebut menjadi 2 kali periode kehidupan.  Untuk itu kita sebagai bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) harus semangat dalam mengemban tugas kita sebagai pendidik.” begitu cuplikan amanat yang disampaikan pembina apel, M. Sukron.

Selain itu Hj. Caritun juga mengutarakan beberapa sikap yang harus ada dalam diri seorang pendidik diantaranya: 1). Keimanan, seorang pendidik harus bisa menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi apa yang dilarangNya; 2). Keikhlasan, dalam menjalankan tugas, kita harus bisa selalu ikhlas agar apa yang kita kerjakan tidak terasa berat; 3). Keilmuan, senantiasa tidak pernah lelah dalam mencari ilmu dan mengajarkannya kepada para siswa; 4).Ukhuwah, selalu menjaga ukhuwah dan silaturrahmi terhadap sesama; 5). Akhlak, kita harus senantiasa menjadi suri teladan yang baik untuk anak didik kita.

Setelah apel selesai guru dan karyawan MIM Kauman bersama menyaksikan live resepsi milad Muhammadiyah ke-109 yang diadakan PP Muhammadiyah di Youtube di halaman madrasah disusul acara rahatan bersama.

Semoga milad Muhammadiyah ke-109 tahun ini menambah semangat seluruh warga MIM Kauman untuk berkontribusi di dalam dunia pendidikan.(Lia/Ant/bd).