Kegiatan Kolektif Guru Dan Kepala Madrasah di Forum 13

Kab. Pekalongan – Forum Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Pekalongan di bawah binaan pengawas pembina H Sobari Amin yang berjumlah 13 madrasah swasta mengadakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) dengan agenda worshop penilaian pembelajaran, dengan hasil produk kegiatan berupa kisi-kisi, instrumen, analisis hasil penilaian (PG dan Essay).

Kegiatan yang berlangsung sejak 24 Mei s.d 31 Mei 2021 tersebut bertujuan untuk melengkapi administrasi perangkat pembelajaran guru.

Selain KKG juga diadakan Kegiatan Kolektif Kepala Madrasah (KKKM) yang dilaksanakan 5 Juni 2021 dengan agenda penyusunan laporan pelaksanaan pengelolaan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang bertujuan untuk melengkapi administrasi kepala madrasah dan laporan pertanggungjawaban kinerja kepala madrasah.

Ketua KKMTs H.Nurtiono menyampaikan bahwa,”Kegiatan KKG dan KKKM ini akan rutin dilaksanakan setiap bulan dengan mematuhi protokol kesehatan. Adapun agenda kegiatan sesuai dengan yang sudah disusun untuk meningkatkan kompetensi guru dan kepala.” jelasnya.

H.Sobari Amin selaku narasumber menyampaikan bahwa Standar Nasional Pendidikan (SNP) merupakan kriteria minimal tentang berbagai aspek yang relevan dalam pelaksanaan sistem pendidikan nasional dan harus dipenuhi oleh penyelenggara dan/atau satuan pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Telah kita siapkan aplikasi penilaian pembelajaran dan aplikasi laporan pengelolaan SNP, yang nantinya dapat dipergunakan oleh Bapak dan Ibu dalam mendukung kegiatan pembelajaran.” ujarnya.(Jr/Ant/bd).