Kegiatan Safety Riding Siswa-Siswi MAN 1 Kudus

Kudus – Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih tinggi. Kecelakaan tersebut mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Banyaknya nyawa melayang di jalan raya serta kerugian yang lain harus menjadi kesadaran kita bersama untuk menjadikan keselamatan di jalan raya sebagai sebuah kebutuhan.

Untuk itu sudah sewajarnya apabila kita terus mendukung upaya pemerintah, dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia, dalam  mengampanyekan kegiatan keselamatan berlalu lintas. Salah satu kegiatan tersebut baru-baru ini 14  januari  2017 dilaksanakan oleh MAN 1 Kudus bekerjasama dengan Kepolisian Resort Kudus dan salah satu produsen motor Kudus.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan pemahaman keselamatan berlalu lintas kepada siswa dan siswi MAN 1 Kudus. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi teori dari Satuan Lalu Lintas Polres Kudus. Selanjutnya tim Yamaha bekerjasama dengan Polres Kudus menggelar praktek. Peserta di minta untuk mengendarai motor dan mengikuti rute yang sudah ditentukan. Rute ini sendiri mirip dengan ujian SIM (Surat Ijin Mengemudi) Polres Kudus. Sebelum di mulai setiap peserta harus memakai atribut yang lengkap. Seperti helm, jaket, dan lain-lain.  Selain itu juga wajib memeriksa kondisi kendaraan, seperti ban, lampu, dan lain-lain sebagai  kelengkapan berkendara. “Selain untuk menguji ketangkasan peserta dalam berkendara, kegiatan ini nanti akan memilih tiga siswa terbaik. Untuk selanjutnya di finalkan bersama teman-teman sekolah lain se kabupaten Kudus. Semoga dengan kegiatan ini ada manfaatnya bagi semua, “ujar Panitia.(Moh. Umar MAN 1 Kudus/bd)