Kelompok Kerja Guru MI Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Dibuka Kembali

Kota Mungkid – Setelah vakum beberapa lama karena pandemi, kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Ngablak dibuka kembali. Sebanyak 60 guru dari 10 Madrasah Ibtidaiyah mengikuti kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Pengawas Madrasah setempat, M.Heri Subhan, Senin (6/9/2021).

Dalam sambutan pembukaannya, Heri memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada yang hadir dan mengharapkan KKG ini menjadi wadah yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas guru secara keseluruhan yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu madrasah.

Setelah pembukaan, para peserta KKG mengikuti materi yang diberikan oleh Pengawas berupa Pembuatan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menarik bagi anak dan memenuhi ketentuan yang ada dalam petunjuk teknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Selain itu, penyusunan soal HOTS ( Higher Order Thinking Skill) yang mengarah pada literasi, numerasi dalam rangka menyiapkan anak mengikuti ANBK (Assesmen Berbasis Komputer).

Disampaikan oleh Heri, sebagai seorang tenaga pendidik, guru harus memiliki kompetensi dan keahlian mumpuni sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku misaalnya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 20 ayat b menyatakan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

“Undang-undang di atas sudah memberikan gambaran jelas bahwa tenaga pendidik harus memiliki kualitas unggul, sehingga bisa menghasilkan generasi unggul pula. Kualitas pendidik ditentukan oleh kualitas kompetensi yang dimilikinya, oleh karena itu, pendidik/guru harus memiliki wadah tersendiri untuk meningkatkan profesionalitas kerjanya. Wadah yang memungkinkan untuk dibentuk adalah KKG untuk guru Madrasah Ibtidaiyah,” jelas Heri.

Acara yang berlangsung di MI Ma’arif  Pernolo Ngablak, tepatnya didekat Gunung Andong, Kecamatan Ngablak. Kira-kira 1,5 Jam dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, meskipun demikian, para peserta cukup antusias dan semangat mengikuti kegiatan sampai pukul 16.00 WIB.(ern/Sua)