Keluarga Yang Kokoh & Tangguh Kebutuhan Mendasar Negara

Karanganyar – Seksi Bimbingan Masyarakat Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar kembali menggelar Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin di aula kantor. Kegiatan yang sudah berjalan sebanyak III angkatan ini mendapat respon positif, hal ini terlihat dari banyaknya jumlah catin yang memenuhi aula kantor (Rabu, 22/11).

Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Karanganyar, H. Wiharso yang membuka kegiatan bimbingan perkawinan bagi catin angkatan III mengatakan bahwa pembinaan sebelum pernikahan sangatlah penting, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muslim yang berkualitas di masa mendatang.

“Keluarga yang kokoh dan tangguh merupakan kebutuhan mendasar sebuah negara, oleh karenanya bimbingan perkawinan ini sangat penting untuk mempersiapkan masa depan bangsa yang lebih baik,” ucap Wiharso.

Lebih lanjut Kasubbag TU mengatakan bahwa dengan bimbingan perkawinan ini diharapkan dapat menurunkan angka perceraian yang cukup mengkhawatirkan. Menurutnya, dengan bimbingan perkawinan ini, catin akan mendapatkan pemahaman dan pengetahuan terkait mahligai rumah tangga sehingga akan memperkuat mental pasangan pengantin.

“Kalau sebuah keluarga itu tidak kuat secara mental, maka biasanya akan diselesaikan melalui pengadilan agama, dan ini sama-sama tidak kita harapkan. Mari ikuti bimbingan perkawinan ini dengan niat tulus ikhlas, dan ambil ilmu dan manfaat dari narasumber yang sudah puluhan tahun membangun rumah tangga agar kita dapat tertular kebaikannya”, terang Wiharso.

Ada empat narasumber yang mengisi bimbingan perkawinan angkatan III di hari pertama, diantaranya adalah H. Fachrudin, H. Wiharso, H. Museri dan H. Yusuf Iksanu Irham. Masing-masing narasumber menyampaikan materi tentang membangun landasan keluarga sakinah, ketahanan keluarga dalam menghadapi tantangan kekinian, merencanakan perkawinan yang kokoh menuju keluarga sakinah, serta mengenali dan menggunakan hukum untuk melindungi perkawinan dan keluarga.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Ruslan, mengatakan bahwa bimbingan perkawinan angkatan III ini diikuti oleh 112 pasang atau 224 orang calon pengantin. Dalam laporannya ketua panitia juga menyampaikan bahwa kegiatan yang dibiayai oleh DIPA PNBP-NR Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Karanganyar ini memberikan fasilitas kepada catin berupa akomodasi, ATK, Modul, Sertifikat, serta uang transport. (ida-hd/Wul)