Kemah Rohis: Lukman Sampaikan Tiga Hal Penting

Belitong (Inmas) – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah dalam Kemah Rohis Nasional ke III yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Juru Sebrang Kabupaten Belitung pada Selasa (6/11).

Kegiatan kemah rohis, dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim dan dihadiri Dirjen Pais, Wakil Gubernur Bangka Belitong, Bupati Belitong, Kakanwil seluruh Indonesia, seluruh pejabat sipil maupun para undangan, dan pembina maupun peserta rohis SMA/SMK se-Indonesia yang berjumlah sebanyak 1200 orang.

Sebelum mengawali sambutannya Lukman mengumandangkan pantun, dilanjutkan dengan yel-yel untuk menambah semangat para peserta Kemah Rohis SMA/SMK yang hadir.

Mengawali sambutannya, Lukman menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pendidik dan pembina yang telah memberikan dedikasi yang luar biasa dalam membimbing dan mendidik anak-anak Rohis.

 “Terima kasih untuk dedikasi yang tinggi kepada para pendidik karena atas bimbingannya menjadikan anak Rohis mempunyai pengetahuan yang Islami dan wawasan yang luas,” jelas Lukman.

Dengan pengetahuan yang luas harapannya peserta Rohis dapat mempunyai perilaku yang baik dan mempunyai ahlak mulia sehingga semakin memberikan manfaat bagi orang-orang disekitarnya.

Lebih lanjut, Lukman menyampaikan tiga hal bagi seluruh peserta Rohis yang hadir, yang pertama senantiasa memperluas dan memperdalam wawasan dan pengetahuan tidak hanya dibidang keislaman namun disemua aspek kehidupan. Yang kedua, mari pahami islam secara essensial dan substansial pada inti ajaran pokoknya yaitu memanusiakan manusia. Yang ketiga, jadilah penebar maslahat, sebaik baik kita sebagai manusia adalah yang baling banyak memberikan manfaat bagi lingkungan kita masing-masing.

Oleh karenanya menurut Lukman, dua hal penting agar mampu menjadi penebar maslahat, yaitu jaga integritas dan memiliki kompetensi.

“Karena dengan memiliki integritas dan kompetensi dapat menjadikan seseorang menjadi mahluk yang sempurna dan bermanfaat sehingga dapat berkompetensi di masyarakat dan dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Dengan diadakannya kemah Rohis ini, bukan hanya sebagai ajang silaturahmi namun juga sebagai sarana untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan.(rf/rf)