Kembangkan Pola Pikir Siswa Melalui Perpusling

Tegal- Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan melalui membaca, siswa-siswi MTs Model Ihsaniyah Kota Tegal memanfaatkan waktu jeda remidi pasca UAS untuk menyambut mobil Perpusling , demikian perkataan salah satu Pengawas Madrasah, Lutfiyah Nur Rochmah di Ruang Penma KanKemenag Kota Tegal, Selasa (11/12).

Kegiatan literasi tersebut sudah cukup lama diterapkan di MTs Model Ihsaniyah, hal tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar para siswa mampu menumbuhkan minat baca, baik didalam kelas maupun  di luar kelas, termasuk lewat Mobil Perpustakaan Keliling, “kata Lutfiah.

Mts Model Ihsaniyah, lanjut Lutfiah, memiliki program wajib membaca yang dibimbing langsung oleh  Zinatul Uthbah, yaitu seorang guru Bahasa Indonesia  yang memiliki harapan kepada semua siswa agar mampu menggali potensi melalui Ayo Membaca.  

Kegiatan membaca ini, selain merupakan suatu wadah positif untuk mengembangkan pola pikir siswa yang lebih maju, juga mengurangi siswa dari perilaku negatif di zaman modern ini, diantaranya dengan membaca, dia sudah melakukan suatu kegiatan yang mampu memasuki dunia penyadaran lewat lembaran-lembaran buku.

Selain itu, dengan membaca lewat perpusling mampu mengurangi siswa untuk mengunjungi mall yang bersifat konsumtif, mencari hiburan serta meminimalisir siswa untuk tidak melakukan kegiatan menyimpang, sehingga para siswa diharapkan kedepan mampu menumbuhkan percaya diri dalam meraih cita-cita, “ pungkasnya. (IM/rf)