Kemenag Apresiasi Inovasi KUA Sedan

Rembang – Kakankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah mengapresiasi komitmen KUA Kecamatan Sedan untuk menjalin kerja sama dengan pemangku kepentingan di luar lembaga. Kerjasama ini terlihat dari beberapa program yang melibatkan pihak-pihak di luar KUA.

Fatah menyampaikan hal itu dalam acara Halal bi Halal yang diadakan pada Selasa (8/6/2021) di aula setempat. Fatah mengatakan, sebagai lembaga pemerintah, KUA harus bisa menjalin kerja sama dengan semua pihak. “KUA lainnya perlu meniru langkah KUA Sedan ini,” kata Fatah.

Keberhasilan kinerja KUA juga telihat dari inovasi layanannya. Fatah menilai, KUA Sedan telah memenuhi inovasi ini. Di antaranya dengan layanan online untuk publik, yaitu  layanan WA jawab otomatis. Fatah menambahkan, inovasi layanan ini mendukung program revitalisasi KUA yang tengah menjadi prioritas Kementerian Agama. “Dengan adanya program revitalisasi KUA ini, kami berharap KUA dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Fatah.

Turut hadir dalam acara ini Kasubag Tata Usaha Kemenag Rembang, Moh. Mukson dan Kasi Bimas Islam Ali Muhyidin. Mukson mengatakan, KUA perlu melakukan tiga hal guna mendukung Kemenag Rembang dalam pelaksanaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi.

“Tiga hal tersebut adalah memastikan setiap layanan di KUA bebas dari korupsi. Kedua, memastikan layanan masyarakat semakin memuaskan. Dan yang ketiga, kami meminta KUA agar turut menyosialisasikan kepada segenap masyarakat tentang PLHUT. Semua proses pendaftaran haji kini telah bisa dilakukan di PLHUT, termasuk pembayaran setoran awal Bipih,” terang Mukson.

Plt Kepala KUA Kecamatan Sedan, Amin Musa menyampaikan terima kasih kepada pejabat Kakankemenag yang telah menyempatkan hadir di acara ini. Amin mengatakan, untuk meningkatkan layanannya, KUA Sedang meluncurkan slogan Mantap, yaitu moderat,akuntabel, nasionalis, tanggap, amanah dan profesional.  – (iq)