Kemenag Bahas Rencana Konsumsi Jemaah Haji

Semarang (PHU) – Mendekati masa operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439 H/2018 M, khususnya terkait operasional pelayanan konsumsi kepada jemaah di Embarkasi maupuan Debarkasi, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Bidang PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, mengadakan rapat penyusunan konsumsi bagi jemaah calon haji tahun 1439 H/ 2018 M.

Sebanyak 25 orang peserta yang hadir membahas layanan konsumsi yang akan diberikan kepada seluruh calon jemaah haji nantinya di Embarkasi maupun saat kedatangan jemaah haji di Debarkasi Adi Soemarmo. Turut hadir pada acara tersebut perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi Surakarta, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang.

Kepala Bidang PHU, Sholikhin pada saat memberikan sambutan pada pembukaan acara rapat, meminta kepada seluruh pihak agar layanan konsumsi kepada seluruh jemaah haji memperhatikan kualitas katering yang layak konsumsi bagi jemaah haji, Rabu (25/04).

“Pihak terkait menangani layanan konsumsi agar memperhatikan katering terbaik yang akan disajikan. Petugas yang melayani secara langsung kepada seluruh jemaah untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanannya agar mereka merasa terpuaskan serta nyaman terlayani,” katanya.

Dalam rapat tersebut dibahas terkait menu apa saja yang akan disajikan kepada seluruh calon jemaah haji pada saat nanti berada di Embarkasi. Dari rencana layanan konsumsi yang akan diberikan pada saat di Embarkasi terbagi menjadi 3 menu sajian, yang dirinci dari makan pagi, snack siang, makan siang, snack sore dan makan malam. Selain itu kaitannya dengan kandungan nilai gizi yang ada pada makanan yang akan diberikan kepada seluruh jemaah, dibahas pula mengenai jenis menu, dengan mempertimbangkan spesifikasi bahan dan berat dari tiap item makanan apa sajakah yang akan diberikan.

Terkait dengan kedatangan seluruh jemaah haji di Debarkasi Adi Soemarmo, dibahas juga dengan seksama rencana menu konsumsi apa sajakah yang akan diberikan kepada seluruh jemaah haji setelah sampai di asrama haji.

“Agar hasil auditor tahun kemaren yang dinilai sudah baik untuk bahan evaluasi dan peningkatan pelayanan di tahun ini,” sela Sholikhin di akhir rapat. (djs/gt).