Kemenag Banyumas Sosialisasikan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI

Banyumas – Kankemenag Kab. Banyumas melalui Seksi Pendidikan Agama Islam bersama dengan para Pengawas PAI saat ini sedang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan serta Evaluasi Diri untuk Pemetaan Kompetensi (PK) Online yang dilakukan secara marathon dimulai pada tanggal 8 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 17 Oktober 2018. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru PAI se-Kabupaten Banyumas baik untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Kasi PAIS, Purwanto Hendro Puspito menjelaskan bahwa sebagai pilot project dari Direktorat PAIS Kemenag Pusat, kegiatan PK Online GPAI ini sudah dilaksanakan di 9 provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur , Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat,  Bengkulu, DI Yogyakarta dan Riau. “untuk Jawa Tengah masih tahap sosialisasi dan akan dilaksanakan serentak pada 15 November 2018 di 17 Kabupaten /Kota” ujar Hendro

Selain itu, lanjut Hendro, kegiatan PK Online Guru PAI ini dilaksanakan sebagai tindak Lanjut arahan Direktur PAI pada  Sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru PAI yang diselenggarakan di Hotel Aston inn Semarang tanggal 3 s.d.  5 Oktober 2018 lalu.

Kepala Seksi PAIS Kabupaten Banyumas dalam keterangannya mengatakan sejalan Permenpan RB 16 Tahun 2009 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah Pengembangan Kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. “Saat ini jumlah Guru PAI yang sudah sertifikasi hampir 700 orang, sedangkan biaya pelaksanaan PKB dan PKG yang dilaksanakan oleh Kemenag tahun 2018 belum dianggarkan. Oleh karena itu bersama dengan para Pengawas PAI, Seksi PAIS melaksanakan PK Online dengan harapan akan terlihat peta kompentensi dari masing-masing GPAI yang terukur dan akurat.” ujar Hendro saat membuka sosialisasi. 

Hendro berharap melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Pemetaan Kompetensi Online ini akan membantu Guru PAI yang akan melaksanakan Peningkatan Kompetensi sesuai kebutuhannya dari hasil atau output PK online tersebut. (php/ak/bd)