Kemenag Bekali Proktor Persiapkan UAMBN-BK Tahun 2019

Temanggung – Siswa Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di tahun 2019 ini selain akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) juga akan menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Berbasis Komputer (UAMBN-BK). UAMBN-BK adalah sistem pelaksanaan ujian akhir bagi madrasah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan menggunakan media komputer.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Saefudin saat membuka kegiatan pembekalan proktor UAMBN-BK Tahun 2019 Tingkat MTs dan MA se Kabupaten Temanggung di Rumah Makan Omah Kebon Temanggung, Rabu (27/02).

Menurut Saefudin, UAMBN-BK ini mulai diterapkan pada tahun 2018 yang lalu, sebelumnya UAMBN masih menggunakan media kertas dan pensil. Namun Pelaksanaan UAMBN-BK untuk tahun 2019 mulai dilaksanakan untuk seluruh Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) wajib menggunakan media elektronik / komputer.

“Persiapan  UAMBN-BK untuk ditingkat Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Temanggung tahun 2019 ini tidak mengalami masalah karena hampir seluruh madrasah telah mempersiapkan setahun yang lalu,” tutur Saefudin.

Saefudin berharap semua Kepala Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk betul-betul mempersiapkan segala perangkatnya, sehingga pada saatnya nanti pelaksanaan  UNB-BK, UAMBN-BK tidak ada kendala. Selanjutnya mengungkapkan rasa syukurnya di Kabupaten Temanggung sudah melaksanakan ujian berbasis komputer.

“Saya bersyukur di Kabupaten Temanggung tahun 2019 ini seluruh madrasah MTs dan MA baik negeri maupun swasta sudah 100% akan melaksanakan ujian berbasis komputer,”ucapnya. “Saya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang telah mengadakan pembekalan bagi proktor agar sumber daya manusia di madrasah lebih terampil guna suksesnya pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer dan ujian akhir madrasah berstandar nasional berbasis komputer, ikuti materi pembekalan dengan disiplin dan manfaatkan sharing materi dengan narasumber,” harapnya.

Kegiatan pembekalan tersebut diikuti perwakilan proktor dari MTs 31 orang dan MA 17 orang dengan menghadirkan narasumber yakni Sigit Prasetyo Guru MAN Temanggung dengan materi diantaranya spesifikasi server dan client,jaringan ujian berbasis komputer, instalasi server dan client dan troubleshooting.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama kabupaten Temanggung,  H. Munsiri menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan agar para proktor di madrasah lebih memahami aplikasi sehingga akan memudahkan ketika pelaksanaan UAMBN-BK dan UNBK nanti, pungkasnya. (sr/gt)