Kemenag Berperan Dalam Peringatan Hari Besar Islam

Klaten-Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Klaten bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Klaten menggelar rapat koordinasi dalam rangka menggagas persiapan peringatan hari-hari besar Islam Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW tahun 1439H/2018M tingkat Kabupaten Klaten.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Masmin Afif memimpin langsung persiapan peringatan hari besar diselenggarakan Aula Koppenda lt II Kemenag Klaten dihadiri dari Pemda, Polres, Kodim, Satpol PP, Dinkes, PMI dan RSPD, Jumat (23/3). Kepala kankemenag berharap kepada seluruh pengurus PHBI Klaten dan berbagai pihak yang terkait agar berperan aktif menyemarakkan peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, tentunya Kemenag berpartisipasi didalamnya.

Kemenag sangat berperan dalam peringatan hari besar Islam,  sebagai leading sector peringatan hari besar Islam maka diperlukan koordinasi dengan sejumlah SKPD untuk kesuksesan agenda kegiatan.

"Peringatan Hari Besar Islam merupakan salah satu perwujudan komitmen keimanan untuk mengenang kembali Isra’ Mi’raj, dua peristiwa penting yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam satu waktu, dan di dalam peristiwa ini Rasulullah saw mendapat perintah untuk menunaikan ibadah shalat lima waktu sehari semalam," tandas Masmin.

Sementara itu kasi Bimas Islam Kemenag Klaten Hartanto menambahkan, kegiatan ini  untuk membina dan meningkatkan serta memberi dorongan kepada masyarakat dan generasi muda untuk selalu ingat akan kewajiban seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari. Dijelaskannya, tekad bersama untuk mempersiapkan generasi Islami dan masyarakat yang kokoh di era globalisasi dan bisa memberikan kesejukan di tahun demokrasi ini.

"Kemenag merupakan lembaga yang berperan sentral dan mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan misi meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, untuk kemaslahatan dan pendidikan keimanan umat," imbuh Hartanto.

Hasil rapat terdapat kesepakatan diadakan pengajian memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW bertempat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten pada 17 April 2018.(aj/Wul)