Kemenag Bimbing Calon Jamaah Haji Laksanakan Manasik

Klaten – Pelatihan manasik haji bagi para jemaah calon haji, merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten, agar jamaah calon mengetahui tata cara berhaji yang benar sehingga dapat menunaikan rukun Islam yang kelima ini dengan sebaik-baiknya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kemenag Klaten, Masmin Afif saat membuka pelatihan manasik haji tingkat kecamatan Karanganom yang diselenggarakan di Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Karanganom 3-8 Juli, Senin (3/7).

“Pelaksanaan bimbingan manasik merupakan bentuk dari aplikasi misi Kementerian Agama, mewujudkan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang berkualitas dan akuntabel, merupakan tanggung jawab dan upaya dalam meningkatan pelayanan urusan haji dan penyempurnaan pelaksanaan ibadah haji,” tandas Masmin.

Melalui bimbingan manasik haji, menurut Masmin, para calon haji mulai mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin sebagai bekal melakukan perjalanan ibadah ke tanah suci Makkah karena rangkaian ibadah haji menguras energi.

“Dengan berbekal pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik yang bersifat teori maupun praktik, maka diharapkan langkah itu akan memperlancar perjalanan ibadah haji para jamaah dan menjadi lebih sempurna,” imbuhnya.

Kepada para calon haji, Kakankemenag meminta agar tidak henti-hentinya memanjatkan ungkapan syukur kepada Allah SWT karena mendapat kesempatan menjadi tamu Allah SWT.

Banyak masyarakat Muslim yang berkeinginan untuk pergi haji dan memiliki kemampuan secara finansial, namun tidak diberikan kesempatan, dan memperoleh hidayah dan kemauan untuk menunaikan rukun Islam ke lima tersebut.

Untuk itu, kegiatan manasik menjadi sangat penting sebagai bekal informasi baik yang berkenaan dengan proses keberangkatan dari tanah air, ibadah di tanah suci sampai nanti proses kepulangan ke daerah masing-masing. Semua ini tidak lain sebagai upaya pemerintah agar pelaksanaan ibadah haji berlangsung lancar dan tertib.

Ia juga menghimbau kepada jamaah calon haji untuk mempersiapkan diri dari sekarang yang diawali dengan memurnikan niat semata-mata ibadah ini hanya kepada Allah SWT. Selain itu, karena haji merupakan ibadah fisik, para jamaah hendaknya menjaga kesehatan, sehingga dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dengan baik.

Sementera itu Kepala KUA Karanganom Muslih selaku ketua panitia manasik melaporkan, untuk tahun ini calhaj kecamatan Karanganom sebanyak 71 orang dengan waktu bimbingan sebanyak 6 kali pertemuan.(aj/Wul)