Kemenag Grobogan Raih Sertifikat ISO 9001 : 2015

Grobogan – Langkah perubahan nyata ditunjukkan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Grobogan, hal ini terbukti dengan telah diraihnya ISO 9001 : 2015 pada tanggal 28 November 2018.

Satuan kerja di bawah pimpinan Hidayat Maskur sebagai Kepala dan Ali Ichwan sebagai Kasubag TU berhasil menyabet ISO 9001 : 2018 setelah menjalani serangkaian audit internal dan eksternal. Tidak tanggung-tanggung yang diraih adalah ISO 9001 Tahun 2015 yang notabene belum lama diberlakukan. Kategori sertifikasi tersebut meliputi kepuasan pelayanan masyarakat, artinya Kantor Kementerian Agama Kab. Grobogan dinilai telah memberikan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder terkait sebagaimana standard yang telah ditetapkan.

Bertempat di Halaman Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kab.Grobogan pada tanggal 28 November 2018 telah dilaksanakan penyerahan sertifikat ISO antara BSI dan jajaran Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kab. Grobogan dan Kemenag Kab.Grobogan. Dukcapil dan Kemenag dinyatakan layak mendapatkan sertifikat ISO karena ada programbaru dalam rangka meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Yakni, paket layanan “Mencari Kekasihku” yang merupakan singkatan dari menikah atau cerai, kartu keluarga dan KTP elektronik seketika itu kumiliki, sehingga berhak memperoleh sertipikat ISO 9001 : 2015.

Muh Sumarsono selaku Sekda Kab. Grobogan dan mewakili dari BSI mengucapkan selamat kepada Kepala Kemenag Kab.Grobogan dan Dukcapil atas perolehan ISO. Beliau menyampaikan bahwa Kemenag Kab. Grobogan dan Dukcapil telah sukses meraih ISO 9001 : 2015 dengan pelayanan yang bisa dimanfaatkan bagi warga yang akan menikah. Setelah mereka sah menjadi suami istri, nanti langsung mendapatkan KK dan KTP El yang baru bersamaan dengan buku nikah.

“ISO 9001 : 2015 yang telah berhasil diraih Kantor Kementerian Agama Kab.Grobogan dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Indonesia (BSI). BSI adalah badan sertifikasi yang terakreditasi secara internasional yang terdiri dari professional yang terampil, dan membantu organisasi mencapai keunggulan dan daya saing kelas dunia melalui penerapan stand-alone atau standar integrasi nasional dan internasional,” jelasnya.

Kepala Kemenag Kab. Grobogan Hidayat Maskur merasa bangga atas pencapaian sertipikat ISO tersebut. Beliau mengingatkan bahwa ilmu yang diterapkan dalam tercapainya ISO seharusnya diterapkan dalam hal pekerjaan sehari-hari bukan hanya sekedar memperoleh sertipikat saja. Dalam perjalanannya, Kepala mewajibkan seluruh jajarannya, baik dari Kasubag TU, Kepala Seksi, Pejabat Struktural dan Fungsional hingga Pegawai Honorer untuk bekerjasama dalam pencapaian sertifikat bergengsi tersebut.

“Sertifikat ISO 9001 : 2015 merupakan yang pertama kali didapat Kemenag Kab. Grobogan. Penyerahan sertifikat itu sebagai bentuk pengakuan bahwa Kemenag Kab. Grobogan sudah menerapkan pelayanan yang berdasar kepuasan pelanggan lewat manajemen mutu ISO,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hidayat Maskur menambahkan bahwa Kemenag sudah memprioritaskan sistem pelayanan kepada masyarakat dengan membentuk Pelayanan Haji Satu Atap dan insaallah tahun 2019 membangun Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), yang semua pelayanan akan mudah, cepat dan hemat dengan menjunjung Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Semoga prestasi ini dapat memotifasi instansi pemerintah lainnya baik Pemerintah Daerah , BUMN, BUMD, dan juga Instansi Vertikal, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholder dan masyarakat,” himbaunya. (bd/gt)