Kemenag Jateng Sambut Hari Santri 2021

Hari Santri 2021

Bidang PD pontren – Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 Nopember 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Surat Edaran Menteri Agama RI nomor SE. 28 Tahun 2021 tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2021 mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Masih dalam Surat Edaran tentang Pelaksanaan Peringatan Hari Santri Tahun 2021, seluruh pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Santri 2021 disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, mengedepankan prinsip-prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan, dengan berpedoman pada hal-hal sebagai berikut:

a)   mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital (virtual) untuk meminimalisir terjadinya kerumunan dan mobilisasi massa;

b)   mematuhi kebijakan pemerintah tentang PPKM;

c)   melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Gugus Tugas COVID-19 setempat; dan

d)   tetap disiplin dengan protokol kesehatan 5M+lD untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan beberapa kegiatan untuk menyambut dan memperingati Hari Santri. Rangkaian kegiatan tersebut antara lain:

  1. Lomba Konten Pidato dengan tema “Moderasi Beragama” untuk  santri Pondok Pesantren dan santri Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) tingkat Wustha atau Ulya.
  2. Lomba  Film Dokumenter Kemandirian Pesantren di Pondok Pesantren.
  3. Halaqah    Moderasi    Beragama    Kyai    Muda    Pondok    Pesantren.
  4. Khataman Al Qur’an 1.000.000 santri.
  5. Dzikir dan Sholawat.
  6. Upacara  Bendera  Peringatan  Hari  Santri  2021
  7. Peluncuran/Launching  aplikasi  SI  IJO  PEKA  (Sistem  Informasi  Ijin Operasional Pendidikan  Kesetaraan).

Kepala Bidang PD Pontren Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Nur Abadi, menjelaskan bahwa saat ini tengah dilaksanakan 3 jenis kegiatan. “2 lomba yang kita adakan saat ini sudah bisa dikirimkan kepada Bidang PD Pontren sesuai dengan ketentuan. Halaqah Moderasi Beragama Kyai Muda juga tengah berlangsung di Surakarta pada hari ini (13/10) hingga besok”, jelasnya. Sedangkan khataman Alquran 1 juta santri akan dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 21 Oktober 2021. Khataman diikuti oleh para santri, ustadz/ustadzah pada pesantren, madin, dan LPQ. “Doa khatmil quran akan dibaca pada saat kegiatan dzikir dan shalawat pada tanggal 21 Oktober 2021”, pungkasnya. (fat)