Kemenag Jepara Imbau Umat Islam Salat Gerhana Bulan, Ini Waktunya

Jepara Infokan – Kementerian Agama mengimbau kepada umat muslim untuk melaksanakan Shalat Gerhana pada hari ini. Berdasarkan data astronomi, pada Jumat, 19 November 2021, terjadi gerhana bulan sebagian (GBS) atau Khusuful Qamar yang diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 17:47 WIB.

“Kami mengimbau kaum muslimin khususnya di kabupaten Jepara agar melakukan Shalat Gerhana, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkap H. Muslich di ruang kerjanya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (19/11).

Menurutnya, sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan shalat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya. 

“Sertakan Doa agar pandemi ini segera berakhir. Doakan juga untuk keselamatan bangsa dan negara,” lanjutnya.

Sebelumnya, gerhana bulan parsial terlama akan terjadi pada Jumat hari ini, 19 November 2021 sejak 580 tahun silam. Gerhana Bulan sebagian ini akan mendekati gerhana total di mana lebih dari 97 persen Bulan Purnama berubah menjadi rona merah oleh bayangan Bumi.  Pada puncaknya hanya sebagian kecil Bulan di sudut kiri bawah yang akan tetap menyala. Meskipun ini bukan Gerhana Bulan pertama pada tahun ini, peristiwa tersebut akan menjadi fenomena alam yang spesial.  Seluruh peristiwa akan berlangsung selama lebih dari enam jam dan satelit alami Bumi itu akan menghabiskan waktu 3 jam 28 menit 24 detik melewati bagian tergelap bayangan Bumi (umbra) yang menjadikannya Gerhana Bulan parsial terpanjang sejak 1441 dan terpanjang di abad ini. “Terkait dengan pelaksanaan sholat gerhana akan dilakukan pada rentang setelah sholat Maghrib sampai selesai gerhana,” pungkasnya. (sn)