Kemenag Jepara Kembali Adakan Seminar Peningkatan Mutu Guru Agama Kristen

Jepara – Kementerian Agama Kabupaten Jepara kembali mengadakan Seminar Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Agama Kristen di Aula Lantai 2 Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Rabu (20/12). Namun kali ini giliran guru SMP Pendidikan Agama Kristen (PAK) se-Kab. Jepara.

Peserta guru agama Kristen yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya berasal dari lingkup Kementerian Agama saja, tetapi juga dari Dinas Pendidikan.

Keseluruhan guru yang mengikuti kegiatan ini yakni 20 orang. Seperti yang diungkapkan Ketua Panitia sekaligus Ketua MGMP Guru SMP PAK Kab. Jepara, Mardiyoso, “ada 20 orang guru akumulasi dari guru di bawah naungan Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan”.

Beliau juga bersyukur ditengah kesibukan agenda sekolah yang masih padat yakni masih di masa pengisian buku raport siswa dan juga persiapan Perayaan Hari Raya Natal, bapak dan ibu guru masih menyempatkan diri mengikuti kegiatan ini. “Bahkan Tuhanpun masih memberi berkah sekaligus tantangan bagi kita di pagi hari ini dengan hujan lebat” imbuhnya.

Hanya ada 1 guru yang mengajukan ijin tidak mengikuti kegiatan ini. “ada satu guru perempuan yang ijin tidak mengikuti kegiatan hari ini dikarenakan beliau ada kegiatan persiapan Perayaan Hari Raya Natal di sekolah beliau” tutupnya.

Acara dipagi ini dibuka oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, sekaligus narasumber penyampaian visi-misi Kementerian Agama.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan, guru memiliki tugas yang sangat berat. Maka dari itu guru harus selalu memperbaiki kemampuannya dalam mendidik anak.

Pendidikan di Indonesia hari ini menggunakan sistem pendidikan yang berbasis Kurikulum 2013. Maka dari itu para guru harus memperbarui pengetahuannya dalam mendidik menggunakan kurikulum tersebut.

Kurikulum 2013 sendiri bertumpu pada pendidikan karakter anak. Karakter anak menjadi tumpuan dikarenakan hal tersebut adalah hal terpenting bagi anak disaat mereka bersosialisasi dengan masyarakat di lingkungannya. Apabila karakternya baik, maka sikapnya ke orang lain seharusnya juga baik.

Kegiatan ini selanjutnya akan diisi dengan 2 narasumber lagi. Yakni Kepala Seksi Penyelenggara Kristen Kemenag Jepara, Pranoto, serta dari LPMP Jepara, Tarsisius Adi Prasetyo. (fm/bd)