Kemenag Kab. Pati Gelar Sosialisasi dan Rakor UN, UAMBN MTs.

Pati – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui Seksi Pendidikan Madrasah menyelenggarakan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Persiapan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Selasa (11/4). 

Kegiatan ini dihadiri Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Nur Abadi sebagai nara sumber, Kepala Kankemenag Kabupaten Pati, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Pati, dan diikuti oleh sebanyak 134 Kepala Madrasah Tsanawiyah baik negeri maupun swasta se Kabupaten Pati sebagai penyelenggara UN dan UAMBN di Kabupaten Pati.

Dalam laporan panitia, Kepala seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Pati Moh. Alimin mengatakan, tujuan pelaksanaan sosialisasi dan rapat koordinasi ini adalah untuk Sosialisasi POS, untuk lebih mempersiapkan pelaksanaan ujian secara tehnis, dan mendapatkan informasi tentang kesiapan ataupun permasalahan yang ada di Madrasah untuk dicarikan solusinya dalam pelaksaan Ujian Tahun 2017, serta melakukan validasi data Madrasah yang siap menyelenggarakan UNBK TP 2016/2017.

UN merupakan kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pendidikan, UN merupakan salah satu alat evaluasi untuk pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional. Pelaksanaan UN. TP. 2016/2017 diatur melalui Keputusan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor.0043/P/BSNP/I/2017 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan UN TP. 2016/2017.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Akhmad Mundakir pada saat memberikan sambutan dan arahannya sekaligus membuka secara resmi dimulainya kegiatan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi persiapan UN, UAMBN, USBN TP. 2016/2017 tersebut.

Lebih lanjut Mundakir mengatakan, selain harus mempersiapkan salah satu prioritas tidak boleh dilalaikan persiapan sarana dan prasarana terkait dengan perangkat ujian terutama SDM di masing-masing Madrasah baik negeri maupun swasta.

“Semoga pelaksanaan UN dan UAMBN Madrasah Tsanawiyah tanggal 2,3,4,8 Mei mendatang Sukses, baik sukses pelaksanaan, sukses nilai ujian dan sukses laporan, serta terlaksana dengan lancar, aman dan sesuai dengan POS,”harap Mundakir mengakhiri arahannya. (Athi’/bd)