Kemenag Kembali Menggelar Konferensi Pendidikan Islam (AICIS) ke 20

Surakarta(Umas)- Kemenag RI kembali nenggelar Annual International conference on Islamic Studies (AICIS) ke 20 tahun 2021 di The Sunan Hotel Solo, Senin(25/10).

Universitas Islam Negeri Raden Mas Sain terpilih menjadi tuan rumah AICIS 2021 yang akan diselenggarakan dari tanggal 25 s.d.28 Oktober 2021 .

Konferensi Pendikan Islam AICIS 2021 dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

Dalam membuka acara Ma’ruf menyampaikan terkait meyakini fiqih islam dapat memberikan solusi untuk mengatasi krisis pandemi covid pandemi yang berdampak diseluruh negeri ini.

“Namun sebaliknya fiqih islam dimaksudkan tidak untuk menyulitkan kehidupan akan tetapi merupakan solusi bagi kehidupan umat manusia seperti dimasa pandemi ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menyampaikan merekontekstualisasi konsep fiqih tersebut sangat penting dalam akademisi.

“Untuk membangun peran kontruktif bagi islam dalam kerja sama menyempurnakan tata dunia saat ini, penting bagi kita untuk membuka ruang bagi pemikiran dan inisiatif yang diperlukan,” ujarnya.

Dalam acara ini Kakanwil Prov Jateng Musta’in Ahmad hadir sebagai pembaca doa.

Konferensi ini diikuti Akademi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se Indonesia dan sejumlah Ilmuwan dari Arab Saudi, Iran, Amerika Serikat, Inggris Turki, Korea Selatan serta Malasyia.(rf/ bn)