Kemenag Kendal Serahkan Bantuan untuk Rohingya Melalui Lazisnu Jateng

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal menghimpun penggalangan dana dari Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kantor Kemenag, Kantor Urusan Agama (KUA) serta Madrasah Negeri yang berada di wilayah Kankemenag Kab. Kendal untuk muslim Rohingya. Dana yang berhasil dihimpun sebesar 15.522.400 disalurkan melalui NU-Care Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqoh Nahdhatul Ulama (LAZISNU) Jawa Tengah. Penyerahan  dilakukan secara simbolik di sela-sela acara apel pagi di Halaman Kantor setempat, Selasa (3/10).

Kepala Kemenag, Saerozi,  menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan hasil pengumpulan dari para Aparatur Sipil Negara yang berada di Kantor Kemenag, KUA serta Madrasah Ibtidaiyiah, Tsanawiyah dan Aliyah.

“Bantuan ini adalah wujud Simpati, empati dan kepedulian kita atas musibah kemanusiaan yang menimpa saudara Muslim Rohingya,” tegas Saerozi.

Sementara itu, Sekretaris NU-Care Lazisnu Jateng, Zainuddin Zen menyambut baik upaya yang dilakukan Kemenag Kabupaten Kendal dalam penghimpunan dana untuk warga Rohingya.

“Musibah yang menimpa Muslim Rohingya menjadi duka semua, tidak hanya mereka yang mengalami secara langsung,” ujarnya.

Menurut Zainuddin, sebagai sesama muslim sudah sepatutnya kita ikut bergerak meringankan beban kesulitan saudara kita.

“Barangsiapa melapangkan kesulitan seorang (saudara) muslim, niscaya Allah akan melapangkan kesulitan-kesilitannya kelak di hari kiamat. Demikian pesan Rasul kepada kita,” jelasnya.

Saat ini orang-orang muslim Rohinya hidup di kamp-kamp pengungsian. Mereka bertahan hidup dengan hanya mengandalkan bantuan orang lain. Bantuan yang paling dibutuhkan berupa makanan, peralatan masak, dan pakaian. Tim Nahdlatul Ulama (NU) untuk Rohingya saat ini sudah berada di Bangladesh untuk menyalurkan bantuan dari para donatur kepada pengungsi Rohingya. (ja/gt)