Kemenag Klaten Berikan Penataran Khotib Bagi Anggota KODIM

Klaten – Menghadapi bulan suci Ramadhan serta untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menumbuhkembangkan kemampuan personil, Kodim 0273 Klaten mengadakan kegiatan Penataran Khotib selama dua hari dari 22-23 Maret 2017 yang diikuti oleh 28 anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Kodim Klaten bertempat di mushalla Kodim(Rabu, 22/3).

Mustaqfirin dari Kodam Semarang mengatakan, maraknya berita hoax (berita bohong) yang beredar di masyarakat di media sosial, media dakwah melalui khutbah jumat sangat tepat untuk menyampaikan dakwahnya yang sesuai ajaran Islam yang benar. Kegiatan ini sangat perlu bagi Babinsa Kodim, karena akan mempunyai nilai plus di masyarakat.

Untuk itulah Kodim Klaten bersinergi dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dalam penataran khotib. Dalam hal ini dari Kemenag sebagai narasumber dari Bimas Islam menugaskan 2 (dua) orang ASN yaitu : Moch Syarif Anwar sebagai penyusun bahan pembinaan kemasjidan menyampaikan materi dan Ikhsan Harjanto sebagai penyusun bahan pembinaan LPTQ  menyampaikan praktek khutbah.

“Ini merupakan salah satu tusi dari Kementerian Agama khususnya di Bimas Islam, memberikan penataran dan pelatihan khotbah, Kemenag selalu siap dengan tangan terbuka dalam memberikan pelayanan seperti kegiatan yang dilaksanakan di Kodim ini,” tegas Moch. Syarif Anwar saat menyampaikan materi tatacara khotbah.

Sebagai umat Islam, kita berkewajiban untuk menyiarkan dan berdakwah atau mengajak seluruh umat manusia agar beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta gemar beramar ma’ruf nahi munkar. Apalagi sebagai anggota Kodim, menjadi khotib akan memberikan rasa serta nuansa yang penuh dengan kedamaian, keamanan dan ketentraman bagi masyarakat dan negara.

Syarif menambahkan, kolaborasi Kodim dan Kemenag Klaten perlu diacungi jempol, karena kegiatan semacam ini sangat-sangat bermanfaat di internal Kodim khususnya serta masyarakat pada umumnya, mendapatkan kebaikan di dunia dan juga vertikal ke atas padaNya.

Diharapkan dengan penataran ini akan memberikan wawasan dan pengertian yang lengkap tentang syarat-syarat untuk menjadi khatib, syarat khotbah jumat, rukun khotbah jumat, sunah khotbah jumat serta fungsinya.(aj/Wul)