Kemenag Klaten Jalin Silaturrahim Dengan Warga Lewat Safari Jumat

Klaten – Menjadi program rutin dari Kementerian Agama Kabupaten Klaten melalui KUA Kecamatan setiap jumat kliwon mengadakan safari jumat. Untuk kali ini KUA Kecamatan Tulung mengadakan kegiatan safari jumat kliwon tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Masjid Jami’ Baturan Tulung (31/3), serta dihadiri jajaran muspika Kecamatan Tulung.

“Safari jumat ini dilakukan dalam rangka silaturrahim kepada warga serta melihat lebih dekat kondisi umat dan kondisi rumah ibadah”, tandas Sugiyanto Kepala KUA Kec. Tulung saat memberikan sambutannya.

Sugianto mengatakan, safari jumat dimaksudkan untuk mendekatkan Kemenag dengan masyarakat, memberikan sosialisasi program KUA dan penyuluh. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Safari jumat ini selain bersilaturrahim dengan masyarakat sekitar dan berkunjung kemasjid melihat kondisinya serta bertindak sebagai khatib shalat jumat berkesempatan menyampaikan pesan-pesan pembangunan dibidang keagamaan.

“Ini salah satu cara agar dapat melihat langsung keadaan masyarakat setempat dengan melaksanakan safari jumat, dapat berkeliling dan bersilaturrahim sekaligus melaksanakan sholat jumat bersama”, tuturnya.

Beliau juga menegaskan akan pentingnya gerakan maghrib mengaji bagi keluarga-keluarga muslim sesuai dengan yang dicanangkan oleh Kementerian Agama khususnya pada generasi muda sebagai penerus bangsa Indonesia ini serta menggiatkan setelah  shalat maghrib untuk gemar membaca Alquran. Mengingatkan masyarakat untuk selalu membentengi keluarga dengan agama dari peradaban global yang terus berkembang.

Melalui safari jumat dari masjid ke masjid ini menjadi peluang bagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten untuk menyampaikan visi dan misi Kementerian Agama serta pentingnya kerukunan umat beragama. “Melalui kegiatan safari sholat jumat yang dilakukan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Kabupaten Klaten”, harapnya.

Salah satu jamaah masjid, Harsito mengatakan sangat senang dengan kegiatan safari jumat yang di laksanakan oleh Kementerian Agama di masjid ini dengan adanya safari jumat kami dapat mengetahui akan informasi-informasi terbaru yang berkaitan dengan persoalaan keagamaan.(aj)