Kemenag Klaten Terima Sosialisasi Donor Darah Dari PMI

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten gandeng PMI Kabupaten Klaten menggelar rakor/penyuluhan tentang penggalangan bulan dana PMI dan sosialisasi pentingnya donor darah yang hadiri Kasubbag TU, Kasi, Penyelenggara, Kepala MAN/MTsN/MIN dan Kepala KUA, Senin, (23/8) bertempat di Aula Al Ikhlas Kemenag Klaten.

Kasubbag TU Kemenag Klaten Sudarsana dalam pembukannya mengatakan, darah merupakan bagian yang terpenting bagi kebutuhan manusia. Tanpa darah mustahil ada kehidupan. Darah juga merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendesak. Darah tidak dapat ditunda dan bahkan darah tidak dapat tergantikan zat cair apapun.

“Setiap manusia saling membutuhkan darah untuk menjamin kelangsungan hidup seseorang terutama yang namanya pasien sangat membutuhkan darah demi kelangsungan hidup,” terang Sudarsana.

Lebih lanjut, Sudarsana menyampaikan bahwa setetes darah dari masing-masing kita adalah penyelamat kehidupan bagi orang lain dan betapa bahagianya orang jika kita ikut menjadi darah kita menjadi penolong sehingga orang lain bisa melanjutkan kehidupan.

“Marilah kita menjadi pendonor darah untuk kepentingan dan keselamatan sesama manusia,” ajak Kasubbag TU.

Sementara itu, Wiwik, dari PMI Klaten menyampaikan, donor darah menjadi salah satu program PMI Kabupaten Klaten, sehingga harapannya banyak warga Kemenag yang ikut berperan.

“Harapannya ke depan lebih banyak ASN Kemenag yang terlibat karena ini sangat bermanfaat” ujarnya. Selain bermanfaat bagi penerima, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor, diantaranya menurunnya risiko terjadinya penyakit jantung, meningkatnya pembakaran kalori, kesehatan hati lebih terjaga menstimulasi produksi sel darah,” jelas Wiwik.(sw_aj/sua)