Kemenag Koordinasikan Kegiatan Ramadan di Kota Semarang

Semarang – Sebagai bentuk koordinasi dan persiapan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada Ramadan 1438H, Kantor Kementerian Agama Kota Semarang selenggarakan Rapat Koordinasi di Ruang Kasubbag Tata Usaha, Jum’at (26/05). Rakor dipimpin oleh Kasubbag TU Labib dengan beberapa agenda pembahasan, antara lain pentasharufan Unit Pengumpul Zakat (UPZ), persiapan Kemenag sebagai tuan rumah Tarawih Keliling Walikota dan Muspida Kota Semarang (9/06) sekaligus acara buka bersama jajaran ASN Kemenag Kota Semarang.

Rapat koordinasi diikuti oleh semua Kepala Seksi dan Penyelenggara, perwakilan Kepala KUA, Madrasah Negeri, Pengawas dan Penyuluh serta beberapa perwakilan pegawai di lingkungan Kemenag Kota Semarang.

Kasubbag Tata Usaha Labib menyampaikan bahwa semua jajaran ASN di lingkungan Kemenag Kota Semarang harus siap melaksanakan dan mendukung program kegiatan Ramadan.

“Selama puasa kita tetap apel pagi seperti biasa, hanya jamnya yang berubah menjadi pukul 08.00 WIB sesuai peraturan yang telah ditetapkan. Kegiatan yang telah kita sepakati yaitu tadarrus Al Quran sesudah apel pagi selama 15 menit, kultum bakda salat dhuhur dan mengikuti tarling Walikota sesuai jadwal yang telah ditentukan,” tandas Kasubbag TU.

Rapat membahas beberapa alternatif tempat yang akan digunakan tarling Walikota di Kemenag. “Ada beberapa alternatif tempat tarling, apakah aula, musholla atau halaman kantor,” ujarnya.

Rakor juga membahas siapa yang akan diberi tugas sebagai penceramah, imam dan bilal. Selain itu dibicarakan jumlah peserta, konsumsi dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Hasil rapat menyepakati Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Rachmad Pamuji sebagai Ketua Panitia. Selanjutnya dalam waktu dekat diharapkan segera membuat susunan panitia secara lengkap. Rapat berikutnya akan dilaksanakan setelah diterbitkan Surat Keputusan Panitia Penyelenggara dengan diikuti oleh semua panitia yang terlibat.

Mengakhiri Rapat Koordinasi, Kasubbag TU mengucapkan terima kasih dan berharap penyusunan SK Panitia dan rapat lanjutan tidak terlalu lama mengingat waktu yang sudah mendesak. “Meskipun kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas tiap tahun yang sudah sering kita laksanakan, tetap harus dipersiapkan dengan baik. Hasil rapat ini akan kami laporkan kepada Kepala Kantor yang saat ini sedang mengikuti kegiatan Workshop Pengawasan Peneguhan Pancasila bagi ASN di Jakarta,” pungkasnya.(ch/gt)