Kemenag koordinir santunan 2000 yatim piatu

Rembang – Menyambut hari jadi Kabupaten Rembang ke- 276, kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang tengah mengoordinasikan santunan kepada 2.080 yatim piatu yang akan disalurkan pada besok pagi (27/7) bersamaan dengan upacara Hari Jadi Kabupaten Rembang di alun-alun kota Rembang.

Koordinator tasyakuran dan santunan yatim piatu yang juga Kepala Seksi PD Pontren Kemenag Rembang, Musthofa mengatakan, 2.080 yatim piatu tersebut berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Rembang. Adapun rinciannya yaitu 2.000 anak muslim, dan 80 anak non muslim.

“Santunan akan diserahkan kepada 2.080 anak yatim piatu bersamaan upacara Hari jadi Kota Rembang yang akan dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat Forkominda Kabupaten Rembang besok pagi,” kata Musthofa.

Ke 2.080 anak tersebut telah didata oleh Badko TPQ masing-masing kecamatan, bersama dengan Kepala KUA Kecamatan. “Besok pagi, pengurus Badko TPQ beserta Kepala KUA akan mendampingi anak yatim piatu tersebut mendapatkan santunan,” kata Musthofa.

Santunan yang disalurkan yaitu berupa baju taqwa dan penutup kepala (jilbab/peci) berwarna putih. Selain itu juga akan diserahkan uang sebesar Rp 200 ribu/anak. Sumber dana santunan ini berasal dari seluruh PNS di lingkungan Kabupaten Rembang, baik SKPD maupun instansi vertikal.

Untuk diketahui, tanggal 27 Juli merupakan hari Jadi Kabupaten Rembang. Adapun tahun ini telah memasuki usia yang ke- 276. Serangkaian acara yang digelar antara lain ziarah ke makam ulama dan pahlawan, upacara, karnaval, serta pentas seni. — ss/bd