Kemenag Kota Semarang Gelar Upacara Harwan

Semarang – 10 November 2021 menjadi hari yang istimewa bagi segenap ASN Kantor Kementerian Agama Kota Semarang. Hari Pahlawan ini membawa makna mendalam karena bisa menggelar upacara Hari pahlawan secara luring di halaman Kantor Kemenag Kota Semarang.

Penyelenggaraan upacara secara luring ini tak lain karena Kota Semarang sudah berada pada level 1. Kendati demikian, pelaksanaannya tetap memenuhi protokol kesehatan ketat.

Bertindak sebagai pembina upacara yaitu Kasubag Tata Usaha Kemenag Kota Semarang, Rachmad Pamudji. Kasi PD Pontren, Mawardi  didapuk sebagai pembaca pesan-pesan Pahlawan. Sedangkan Kepala KUA Kecamatan Genuk, Mustaghfirin sebagai pembaca doa.

Sementara sebagai perwira upacara yaitu Kasi PAI, Abdul Ghafur dan pemimpin upacara Sri Yunianto Anwar Upacara dipandu oleh MC Nunuk Nugraheni. Sementara sebagai komandan kompi yaitu Muklis, Habibil Huda, dan Moh. Ainur Rofiq.

Penyuluh Agama Islam, Rahmat Hidayat membacakan Pembukaan UUD 1945. Adapun pembacaan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama RI dan tagline Kemenag Kota Semarang dipandu oleh staf Gara Kristen, Sri Wahyuningsih.

ASN Kemenag perempuan menyayikan lagu Indonesia Raya dan hening cipta dengan dipandu oleh dirigent Nova Budi Aristin. Adapun peserta upacara yaitu, ASN Kemenag Kota Semarang, Pengawas Madrasah dan PAI, serta penyuluh.

Upacara berjalan dengan tertib dan khidmat. Nova Budi Aristin mengaku senang bisa mengikuti upacara ini. “Tahun lalu kita tidak mengadakan upacara karena masih pandemi. Alhamdulillah tahun ini bisa melaksanakan dengan penuh kekompakan,” ujar Nova. — (iq/bd)