Kemenag Kota Tegal Adakan Pembekalan Karu dan Karom

Tegal – Kantor Kementerian Agama Kota Tegal melalui Seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah (PHU) menggelar pembinaan dan pembekalan Ketua Regu dan Ketua Rombongan (Karu dan Karom) jamaah haji Kota Tegal Tahun 1439 H/2018 M, Senin (09/07) di Aula Kantor.

Kepala Kankemenag Kota Tegal melalui Ka. Sub. Bag. TU, Agus Seri dalam paparanya menyampaikan tentang tugas pokok, fungsi dan uraian tugas ketua regu dan ketua rombongan dalam pelaksanaan ibadah haji Kota Tegal tahun 1439 H/2018 M.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pembekalan sekaligus pemantapan kinerja Karu dan Karom dalam penyelenggaraan dan perjalanan haji agar memiliki komitmen dan komunikasi disetiap kegiatan pada semua jama’ah haji supaya tidak terjadi miscommunication,” ujar Agus.

Tugas pokok Ketua Regu dalam pelaksanaan ibadah haji adalah membantu Ketua Rombongan di bidang pelayanan umum, ibadah dan kesehatan, sedangkan fungsinya adalah meneruskan informasi/pengumuman/petunjuk dari Karom dan Ketua Kloter.

Disamping mengatur, membantu dan menjaga anggota regunya serta menyelesaikan dan melaporkan permasalahan anggotanya pada ketua rombongan yang nantinya akan diteruskan kepada ketua kloter, maka ketua regu harus valid dalam menyampaian informasi untuk semua kegiatan.

Salah satu contoh dalam menghadapi masalah krusial pada jama’ah haji saat pembagian kunci kamar hotel, kemudian saat pembagian makan, mengatur fasilitas tempat di arofah yang merupakan semi permanen, maka semuanya harus dilaksanakan dengan penuh disiplin dalam peraturan dan kesepakatan,” terangnya.

Sementara itu menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Gofir, mengatakan bahwa rapat pembekalan karu dan karom tersebut dilaksanakan dalam rangka merumuskan tentang langkah terbaik untuk pelayanan prima terhadap semua jama’ah haji baik saat di asrama haji maupun saat pelaksanaan ibadah di tanah suci.

pelayanan haji tahun sebelumnya memang cukup baik dari tingkat kepuasan jama’ah, Namun pihaknya akan terus melakukan peningkatan pelayananya, “ungkapnya. (IM/rf)