Sosialisasi AKMI yang diselenggarakan olehj Kankemenag Kab. Boyolali

Kemenag Lakukan Pendampingan Asesmen Kompetensi Madrasah

Boyolali –  Dalam rangka pemetaan mutu Pendidikan dan mengukur kompetensi literasi peserta didik pada madrasah tingkat Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah, Kantor Kemenag  Kab. Boyolali pada Rabu (04/10) melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Penma) melaksanakan kegiatan Pendampingan dan Sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia atau disingkat AKMI. Kegiatan yamg dilaksanakan di ruang pertemuan dapoer ibu tersebut diikuti oleh kepala madrasah ibtidaiyah se kabupaten boyolai.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Penma) Kantor Kemenag Kab. Boyolali, H. Sauman dalam laporannya menyampaikan AKMI merupakan evaluasi yang diselenggarakan Kementerian Agama RI untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi membaca, literasi numerasi sains dan literasi sosial budaya. Untuk itu perlu dilakukan pendampingan dan sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan teknis bagi kepala/ guru Madrasah Ibtidaiyah terkait Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI).

“ Dalam rangka memberikan pemahaman yang sama bagi para Kepala Madrasah dan para Guru dalam kegiatan AKMI, maka hari ini dilaksanakan pendampingan dan sosialisasi pengetahuan dan keterampilan teknis terkait asesmen kompetensi tersebut,”  jelas Sauman.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kab. Boyolali, H. Hanif Hanani dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pendampingan ini sangat penting dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Boyolali, dalam hal ini dilaksanakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam memberikan pendampingan dan sosialisasi pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah (AKMI). Pengetahuan dan ketrampilan tehnis bagi Kepala Madrasah atau Guru adalah dua hal yang menjadi dasar kesuksesan pelaksanaan AKMI.

“Persamaan persepsi, pengetahuan dan keterampilan teknis adalah hal dasar dalam pelaksanaan AKMI, sehingga asesmen kompetensi ini akan menghasilkan peningkatan kualitas Pendidikan di Madrasah,”demikian ditekankan hanif dalam sambutannya.

Selanjutnya, peserta yang merupakan Kepala MI dan para proctor akan mendapatkan materi teknis pelaksanaan kegiatan Asesmen Kompetensi oleh Bapak Bilal Faris Almuhtari dan Bapak Danang Saroto petugas Help Desk (HD) yang bertugas memberi layanan bantuan pada aspek teknis pengelolaan AKMI.(Zoelva/Jaim)