Kemenag Latih 40 GPAI SMA/SMK Melalui Program Guru Master

Bogor —- Direktorat Pendidikan Agama Islam melalui Subdit PAI pada SMA/SMALB dan SMK melaksanakan Kegiatan Program Pengembangan Guru Master Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA/SMK di Hotel Sahira Butik Bogor J. Paledang no 53 Bogor. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 1-3 September 2021 diikuti oleh 40 orang Guru PAI perwakilan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMA/SMK tingkat Provinsi meliputi seluruh wilayah Indonesia.  

Kegiatan dibuka  secara resmi oleh Direktur PAI Direktorat Pendis  Kemenag RI , yg diwakili oleh Ka Subdit PAI SMA/ SMA LB/ SMK Drs. Nurul Huda, M.Ag. Dalam pengarahannya beliau berpesan agar GPAI  bersungguh sungguh dalam upgrade diri  dan diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para Ketua/ pengurus MGMP PAI SMA/ SMK se Indonesia agar dapat memberdayakan MGMP yg mengacu  3 hal yaitu Literasi Fondation, Kompetensi dan Kualitas Karakter.

Adapun narasumber dari Dirjen GTK bapak Dr. Sigit Wibowo, Dr. Yogi dari Purkurbuk, Dr. Yudi dari Puskurbuk, dan Dr. Susanti dari Pusat Pembelajaran & Asesmen,  Dr. Iis Suryantini, M.Pd. , Drs. Untoro, M.Pd. dan Ahmad Taufik, S.Ag., M.Pd. Koordinator Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud, Yogi Anggraena selaku narasumber menyampaikan bahwa perbedaan kurikulum yang diterapkan di sekolah penggerak dan kurikulum 2013 terletak pada pengorganisasiannya. Sedangangkan persamaannya adalah sama-sama berdasarkan kompetensi.

Para peserta diharapkan bisa menjadi pelopor dalam sosialisasi program sekolah penggerak bagi Tim Pengembangan Keprofesionalan Guru PAI di Provinsi masing-masing untuk lebih menyempurnakan pembelajaran yang memerdekakan peserta didik PAI di Tingkat Provinsi. (Untoro)