Kemenag Mudahkan Layanan Ukur Arah Kiblat

Klaten – Penyelenggara Syariah Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten Retna Fithrotin menegaskan untuk layanan pengukuran arah kiblat yang diajukan oleh masyarakat baik individu maupun kelompok, kami tidak mempersulit prosedurnya, asal tata cara pengajuannya sudah benar, kami segera lakukan pengukuran.

Seperti yang dilakukan pada Rabu (07/11) bersama tim langsung mengukur arah kiblat untuk Masjid Nurul Fallah yang berlokasi di Ceper Klaten, yang mana kami sudah menerima surat permohonan untuk pengukuran arah kiblat yang ditujukan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten.

“Kementerian Agama Klaten melayani masyarakat umat Islam dalam hal pengecekan dan pengukuran arah kiblat masjid dan mushalla secara gratis. Disamping itu, masyarakat dapat menghubungi Kementerian Agama Klaten dengan mengajukan surat permohonan untuk pengecekan atau pengukuran arah kiblat masjid atau mushalla, pasti akan cepat dilayani,” tandasnya

Dikatakannya, beberapa bulan terakhir ini, pihaknya menerima banyak permintaan pengukuran arah kiblat di masjid atau musholla. “Awal tahun 2017  ini saja, sudah ada tiga masjid dan musholla yang mengajukan permintaan bantuan ukur arah kiblat. Baik musholla yang akan dibangun atau pengukuran ulang. Jumlah ini berbeda dengan tahun kemarin yang tidak sebanyak ini,” katanya.

Kemenag Klaten akan memudahkan dalam pelayanan, ini sesuai dengan tema HAB ke-71 Kementerian Agama RI Bersih Melayani dengan motto Lebih Dekat Melayani Umat, tanpa adanya biaya sama sekali.

Kementerian Agama memberikan layanan pengukuran arah kiblat secara gratis. Dengan pengukuran ini diharapkan arah kiblat masjid bisa tepat karena jadi acuan bagi masyarakat  dan untuk memberi kenyamanan umat dalam dalam menjalankan ibadahnya, imbuhnya.

Hal senada disampaikan Tri Hardoyo tim ukur arah, kami dari tim akan selalu siap dalam melayani masyarakat, setiap ada permintaan ukur arah kiblat yang masuk ke Kantor Kemenag Klaten, akan cepat direspon. (aj/gt)