Kemenag Paser Studi Tiru ke Kemenag Rembang, Nyambung Sanad Ilmu PLHUT

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser, Kalimantan Timur melakukan studi tiru ke Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Rembang pada Kamis (4/11/2021). Studi tiru ini sebagai persiapan Kemenag Paser melakukan pembangunan gedung PLHUT yang akan dianggarkan pada tahun 2022.

Tim dari Kemenag Paser dipimpin oleh Kepala Kemenag Paser, H. Maslekhan. Didampingi oleh Kasubag TU Kemenag Paser,  Rusmadi, Kasi PHU Kemenag Paser, H.Abdurrahman, Bendahara Kemenag Kabupaten Paser, Budi, dan Staf Tu Perencaraan Kemenag Paser,  Achmad Sodikin.

Kunjungan ini diterima oleh Kakankemenag Kabupaten Rembang, Moh. Fatah, kasubag TU Kemenag Rembang, Moh. Mukson dan Kasi PHU Kemenag Rembang, Zuhri.

Fatah menyambut kunjungan Kemenag Paser ini dengan senang hati dan tangan terbuka. “Ini ada tamu agung dari Kalimantan Timur. Kami merasa terhormat sekali,” ucap Fatah.

Fatah mengatakan, kunjungan ini sebagai pintu awal membuka komunikasi antara dua lembaga yang terletak berbeda pulau. “Kita dua lembaga, diharapkan bisa saling belajar dan saling tiru. Sekarang Kemenag Paser yang belajar dari Rembang soal PLHUT. Bisa jadi nanti kami yang belajar ke Kemenag Paser di bidang lainnya,” ujar Fatah.

 Maslekan mengatakan, kunjungan ini bagian dari persiapan pembangunan PLHUT Kankemenag Paser yang rencananya akan dibangun pada tahun 2022. “Agar ilmunya sempurna, maka kami belajar pada pihak yang sudah berpengalaman. Dalam bahasa pesantren, kunjungan ini dalam rangka nyambung sanad tentang ilmu per-PLHUT-an,” senda Maslekan.

Maslekan menambahkan, karena dianggap berhasil, Ditjen PHU Kemenag RI memberikan rekomendasi kepada Kemenag Kabupaten Paser untuk melakukan studi tiru ke PLHUT Kemenag Rembang. “Kenapa kami memilih Rembang? Pilihan ini berdasar rekomendasi dari Kemenag Pusat saat kami konsultasi terkait tempat studi tiru PLHUT,” pungkas Maslekan.

Pada akhir acara diserahkan cendera mata dari Kemenag Paser ke Kemenag Rembang. — aminah