Kemenag Pati Gelar Bimtek Akreditasi

Pati – Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui seksi Pendidikan Madrasah mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sispena-Dia dan sinkronisasi Emis MA/MTs sasaran Akreditasi Madrasah 2018, bertempat di aula kantor setempat, Rabu (6/6/2018).

Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Pati Imron, dan dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah Aliyah, Pengawas Madrasah Tsanawiyah, dan para Kepala Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Negeri dan Swasta yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, serta operator madrasah Aliyah maupun Tsanawiyah se Kabupaten Pati, sementara itu hadir pula nara sumber dari BAN S/M Provinsi Jawa Tengah, beserta rombongan tim Emis madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

Tampil sebagai narasumber perwakilan dari BAN S/M Provinsi Jawa Tengah. Bimtek ini mengupas aplikasi online Sispena. Aplikasi SispenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah) adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Aplikasi ini pun tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil.

Nara sumber dari BAN S/M Provinsi Jawa Tengah Deny menuturkan, Aplikasi Sispena Sekolah dan Madrasah ini ditujukan bagi pengelola pendataan sekolah guna memberikan simulasi aplikasi dan cara penggunaannya dalam mewujudkan akreditasi sekolah berkualitas oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANSM), ujarnya

Adapun langkah langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M yaitu : Buka url di halaman browser. Lalu login dengan memasukkan username dan password yang benar, terangnya. (Am/bd)