Kemenag Pati Gelar Diseminasi Penyelenggaraan Dan Penundaan Haji 1442 H

Kemenag Pati Gelar Diseminasi Penyelenggaraan dan Penundaan Haji 1442 H

Pati – Penundaan Haji untuk kedua kalinya dari tahun 2020 dan 2021 ini menimbulkan ketidaknyamanan jemaah dan berkembangnya berita hoax seputar penyelenggaraan haji.

Dalam rangka mengeliminir berita hoaks serta kesalahpahaman jemaah dan masyarakat umum, Seksi PHU Kemenag Kab Pati menggelar kegiatan diseminasi kebijakan penyelenggaraan dan penundaan keberangkatan haji tahun 1442 H/2021 M, bertempat di  Hotel New Merdeka Pati selama empat hari berturut-turut, Senin-Kamis (20-23/9/2021).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Pati, Abdul Hamid memberikan keterangan bahwa kegiatan ini diikuti oleh jamaah haji meliputi Ketua Rombongan/Karom dan Ketua Regu/Karu beserta satu anggota regu yang gagal berangkat di tahun 2020 dan 2021 serta pimpinan para KBIHU, IPHI, PPIU, dan calon petugas haji yang sedianya akan bertugas melayani jemaah pada tahun tersebut.

Menurut Hamid, dengan mempertimbangkan kondisi pandemi serta masih berlangsungnya PPKM, maka kegiatan diseminasi ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan peserta sejumlah 288 yang dibagi menjadi empat angkatan atau dilaksanakan selama empat hari, sehingga setiap angkatan rata rata hanya diikuti 72 peserta.

“Dengan adanya kegiatan ini kami memberikan informasi, penjelasan kepada masyarakat, tokoh ormas, tokoh masyarakat untuk menginformasikan kepada masyarakat agar memahami kenapa sih keberangkatan calon jemaah haji ini ditunda dan dibatalkan hingga dua tahun terakhir ini,” ujar Hamid.

Dia menambahkan jika alasan penundaan keberangkatan calon jemaah haji ini ada tiga poin, yakni demi kesehatan demi keamanan dan demi keselamatan. “Jadi keselamatan, keamanan dan kesehatan terhadap jamaah yang melaksanakan itu,” sebutnya.

Empat nara sumber dihadirkan pada kegiatan diseminasi ini, antara lain Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jateng yang memberikan materi terkait Kebijakan Penundaan Haji 1442 H dan Peluang Keberangkatan Haji 1443 H. Kabag Kesra Setda Kab. Pati menyampaikan materi terkait Fasilitasi Pemkab Pati pada Penyelenggaraan Haji 1443 H.

Nara sumber ketiga, Kabid  Pemberantasan Penyakit Dinkes Kab Pati menyampaikan materi terkait persiapan pemeriksaan kesehatan haji dan penjagaan kesehatan jemaah haji selama pandemi covid-19. Didapuk sebagai nara sumber keempat, Kepala Imigrasi Pati yang menyampaikan materi terkait Prosedur Penyelesaian Paspor Haji 1443 H. (fz/at)