Kemenag Pati Gelar Lomba MTQ Pelajar dan Umum

Kemenag Pati Gelar Lomba MTQ Pelajar dan Umum

Pati – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati melaksanakan kegiatan lomba MTQ Pelajar ke-73 dan MTQ Umum ke-29 Tingkat Kabupaten Pati Tahun 2021 di MAN 1 Pati, Rabu (29/9/2021).

Menurut Moh. Alimin, Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kemenag Kabupaten Pati, kegiatan ini dilaksanakan setahun sekali dan waktu pelaksanaannya menyesuaikan.

“Pada tahun ini masih dalam pandemi, kita nunggu sampai PPKM nya memungkinkan. Alhamdulillah, sekarang di Kabupaten Pati sudah level 2 dan sudah diberikan izin untuk melaksanakan, ya kita laksanakan,” katanya.

Tujuan kegiatan ini adalah pembinaan di bidang Tilawatil Qur’an. Pembinaan sendiri sifatnya rutin, sehingga harus dilaksanakan pembinaan setiap tahunnya.

“Pembinaan sifatnya rutin, jadi setiap tahun harus kita laksanakan pembinaan itu, dan salah satunya adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an,” ungkapnya saat dikonfirmasi pada Kamis (30/9) di ruang kerjanya.

Ia melanjutkan, pihaknya juga mempersiapkan peserta atau kafilah untuk tingkat Provinsi dan selanjutnya tingkat Nasional.

“Nanti yang juara satu di Tingkat Kabupaten akan dikirim ke Tingkat Provinsi. Kalau di Tingkat Provinsi lolos nanti dibina oleh tim Provinsi untuk maju ke Tingkat Nasional. Untuk tingkat Nasional nantinya, agendanya akan diselenggarakan bulan Oktober di Maluku Utara,” imbuhnya.

Kemudian, terdapat dua event dalam kegiatan ini, yaitu event untuk MTQ Pelajar dan MTQ Umum. “Alhamdulillah sampai detik ini, jumlah peserta dari seluruh Kecamatan. Dari 21 Kecamatan ada 431 peserta dari seluruh cabang,” sambungnya.

Ia mengungkapkan walaupun dalam masa pandemi, animo dalam mengikuti event ini masih bagus dan semangat. (at)