Kemenag Pimpin Acara Ziarah Hari Jadi Wonogiri

Wonogiri – Bangsa yang bijak adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa para pendahulunya. Ungkapan ini sangat akrab bagi kita. Sebagai implementasi dari ungkapan tersebut, salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri ke-276 tahun 2017 adalah Ziarah ke sejumlah makam sesepuh di Kabupaten Wonogiri, Salah satunya Ziarah ke Makam KGPAA Mangkunegara 1 / RM. Said di Makam Mangadeg Karanganyar yang merupakan pendiri atau cikal bakal Kabupaten Wonogiri, Kamis malam (04/05).

Program Ziarah ini menggandeng petugas dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri sebagai petugas pemimpin tahlil dan doa bersama. Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Wakil Bupati Edi Santosa, Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, jajaran Forkompinda dan para Kepala SKPD dan alim ulama’.

Sementara dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri, Ka Kankemenag  Wonogiri H. Subadi turut mendampingi, Pengurus MUI KH. Sutrisno Yusuf, Kasi Bimas Islam H. Haryadi, Kasi PAKIS H. Hidayat Maskur, Penyelenggara Syari’ah Fauzi Rohman Jauhari dan pegawai lainnya.

Menurut Ka. Kankemenag, H. Subadi  kegiatan ziarah ini punya makna yang sangat dalam. Selain menghormati pejuang terdahulu, hal ini juga merupakan bagian dari kekuatan kita dalam membentuk keimanan. Karena tokoh-tokoh ini juga berjasa membangun kemakmuran di Wonogiri.

“Ziarah kepada pendahulu sangat penting maknanya. Disamping mendoakan juga mengenang jasanya yang akan menambah semangat bagi kita semua. Tanpa adanya perjuangan KGPAA Mangkunegara, Kabupaten Wonogiri tidak mungkin ada seperti sekarang ini. Kita wajb mendoakan semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan kita semua diberikan kekuatan untuk meneruskan pembangunan yang ditinggalkannya”, tutur Ka. Kankemenag.

Menurut Kasi Bimas Islam, H. Haryadi kegiatan ziarah di isi dengan pembacaan tahlil yang di pimpin KH. Sutrisno Yusuf, Kepala KUA jatisrono yang juga Pengurus MUI Kabupaten Wonogiri, di lanjutkan doa untuk para arwah pendahulu dan pendiri Kabupaten Wonogiri.

Selain itu, juga di adakan doa bersama memohon kepada Allah SWT agar mengayomi, membimbing dan memberikan kekuatan lahir batin kepada pemimpin dan pengambil kebijakan di jajaran pemerintah Kabupaten Wonogiri sehingga dapat menjaga pembangunan mental dan spiritual serta melimpahkan rizki, kesehatan, ketentraman dan  kedamaian masyarakat Wonogiri.

Selain Ziarah ke Makam KGPAA Mangkunegara 1 / RM. Said di Mangadeg Karanganyar sebelumnya juga di selenggarakan semaan Al Qur’an selain kegiatan keagamaan yang akan di laksanakan dalam rangka hari jadi ke-276 Kabupaten Wonogiri adalah doa bersama antar umat beragama dan malam tirakatan. (Mursyid_Heri/Wul)