Kemenag Prakarsai Semaan Al-Quran pada Perayaan Hari Jadi Wonogiri

Wonogiri – Dalam rangka mengawali rangkaian kegiatan memperingati hari jadi ke-275 Kabupaten Wonogiri bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (03/05) di selenggarakan kegiatan semaan Al Qur’an yang dilaksanakan oleh hafidz hafidzah dan masyarakat di wonogiri serta siswa madrasah.

Semaan Al Qur’an bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT mengayomi, membimbing dan memberikan kekuatan lahir batin kepada pemimpin dan pengambil kebijakan di jajaran pemerintah Kabupaten Wonogiri sehingga dapat menjaga pembangunan mental dan spiritual serta melimpahkan rizki, kesehatan, ketentraman dan kedamaian masyarakat Wonogiri.

Proses semaan Al-Qur’an adalah kegiatan muslim mendengarkan, menyimak lantunan Ayat-ayat suci Alqur’an yang dilantunkan oleh khufadzul Qur’an (penghafal Al-Qur’an). Dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah untuk jalan menuju taubat sekaligus menjadi sarana introspeksi diri, Selain semaan Al Qur’an kegiatan keagamaan yang akan di laksanakan dalam rangka hari jadi ke-275 Kabupaten Wonogiri adalah doa bersama antar umat beragama, ziarah ke makam RM. Said dan tableg akbar.

Menurut Kasi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri selaku panitia pelaksana semaan, Haryadi menyampaikan tujuan dari kegiatan semaan Al-Qur’an adalah solusi mencari kesejukan kedamaian untuk ketentraman hati dengan mendengar ayat-ayat Al-Quran, meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaatnya membaca Al-Qur’an, meningkatkan tingkat religiusitas di masyarakat, menjalin ukhuwah Islamiyah dan menjalin silaturahim antar para jamaah serta menjadikan masyarakat yang religius dan memperluas kegiatan dakwah Islam.

Kegiatan menyimak ini berlangsung seharian penuh dijeda dengan pelaksanaan sholat yang di kerjakan secara berjama’ah. Masyarakat Wonogiri secara berangsur-angsur memadati pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri guna untuk mendengarkan dan menyimak pembacaan Al-Quran oleh para penghafal Al Qur’an.

Menurut Haryadi Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar dari Allah SWT yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Mukjizat ini menjadi tuntunan hidup umat Islam dalam menjalankan kehidupan di dunia. Segala permasalahan dan solusi hidup manusia tercantum dalamAl-Qur’an.

“Menghafalkan Al-Qur’an adalah bentuk nyata karena cinta kepada Allah SWT dan Rosululloh SAW, berharap akan ridho-Nya, dan agar beruntung mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat termasuk jama’ah yang menyimaknya.” ucapnya.

Orang yang membaca Al-Qur’an bagaikan orang yang sedang menyelami samudera kehidupan, dan mengambil manfaat darinya. Orang yang selalu akrab dengan ayat-ayat Al-Qur’an akan diberikan jiwa yang sejuk, hati yang damai dan pikiran yang jernih, sehingga membuatnya ingin selalu beramal, kreatif, inovatif dan produktif. (Mursyid__Her/gt)