Kemenag Purworejo menerima Bantuan Posbindu Kit

Purworejo – Pada Kamis 1 November 2018 di sela-sela apel pagi di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, diserahkan satu set alat kesehatan oleh Petugas Puskesmas Purworejo kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo.

Alat kesehatan tersebut diserahkan dalam rangka pelaksanaan program Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular di instansi pemerintah. Muji Sukrilah, selaku perwakilan dari Puskesmas Purworejo menyampaikan bahwa set alat kesehatan tersebut dipinjamkan oleh Dinkes Purworejo kepada Posbindu Kemenag. “Posbindu merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko penyakit tidak menular. Petugas Posbindu nantinya adalah pegawai Kemenag yang sudah kita latih untuk menggunakan Posbindu kit. Posbindu kit ini isinya macam-macam Bapak Ibu. Mulai dari alat pengukur tinggi badan, berat badan, tensi, sampai alat untuk mengecek kolesterol,” papar Muji.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs. H. Farid Solihin, M.M.Pd., dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih atas kepedulian Dinkes terhadap kesehatan pegawai Kemenag. Beliau menghimbau pegawai Kemenag untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. “Kesehatan penting. Dan kita kadang lupa atau tidak sempat untuk cek kesehatan. Dengan adanya Posbindu ini diharapkan seluruh warga Kemenag rutin cek kesehatannya sehingga bila ada masalah kesehatan bisa terdeteksi sejak dini tidak berlarut-larut.” ucap Farid.

Pelayanan Posbindu menggunakan fasilitas pinjam alat kesehatan dari Dinkes berupa Posbindu kit meliputi alat pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, tensi darah, asam urat, gula darah, kolesterol, dan alat pemeriksaan untuk mengetahui kadar air dalam tubuh. (sgy/sua)