Kemenag Rembang Luncurkan Slogan RAMAH

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang tengah melaksanakan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi. Untuk melaksanakan pembangunan ZI ini, Kemenag Rembang menerapkan prinsip Ramah, yaitu Responsif, Akuntabel, Mudah, Amanah dan Humanis.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah mengatakan, tagline atau slogan Ramah sangat cocok untuk memberikan pelayanan kepada publik. Secara harfiah, Ramah berarti sikap hangat, simpati dan memberikan senyum yang tulus ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam memberikan layanan kepada masyarakat, kami minta petugas memberikan layanan yang terbaik dan bersikap ramah dengan senyuma yang tulus,” ujar Fatah.

Sementara RAMAH juga merupakan akronim dari Responsif, Akuntabel, Mudah, Amanah dan Humanis. Fatah menjelaskan, ‘R’ adalah Responsif yang berarti, memberikan tanggapan atau respon yang cepat dalam melayani. ‘A’ adalah Akuntabel yaitu pelayanan dapat dipertanggungjawabkan baik dari sisi proses bisnis maupun perundang-undangan. ‘M’ adalah mudah, yang berarti pelayanan dapat dilakukan secara offline dan online. ‘A’ berarti amanah, yaitu petugas bertindak jujur, obyektif dan adil dalam melayani. ‘H’ adalah humanis, berarti petugas melayani dengan sepenuh hati dan memanusiakan manusia.

Fatah mengimbau, Ramah tak hanya menjadi slogan, namun juga diterapkan dengan serius dalam setiap pelayanan. Dikatakannya, prinsip Ramah ini berorientasi pada kepuasan pengguna layanan dalam hal ini masyarakat.

Selain itu, pelayanan juga tidak diperkenankan menerma imbalan dalam bentuk apa pun. Hal ini ditegaskan dengan memasang stiker Tolak Pungli pada pintu masuk setiap ruangan. “Layanan harus diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan standar prosedur layanan,” tandas Fatah.

Sementara guna menunjang layanan Ramah ini, Kemenag Rembang menyediakan ruang pelayanan yang bersih dan nyaman, dalam hal ini ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). — iq