Kemenag Rembang Siap Laksanakan Revitalisasi KUA

Rembang – KUA di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang siap melaksanakan program revitalisasi KUA sesuai yang dicanangkan oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas pada Sabtu malam (29/5/2021) di KUA Banjarnagara.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah ketika diwawancara Minggu (30/5/2021). Fatah mengucapkan selamat dan sukses atas pencanangan program Revitalisasi KUA di Banjarnegara.

Revitalisasi KUA adalah salah satu dari 7 program prioritas Kemenag RI, dalam rangka mengoptimalkan tugas dan fungsi KUA sebagaimana tercantum di dalam PMA nomor 34 tahun 2016.

“Kantor Kemenag Kab Rembang telah siap apabila mendapatkan tugas untuk melaksanakan program tersebut di salah satu KUA yang ada di Kabupaten Rembang,” ujar Fatah.

Dalam revitalisasi KUA tersebut, digitalisasi data merupakan hal yang difokuskan dalam rangka meningkatkan pelayanan KUA. Di lingkungan Kemenag Rembang, digitalisasi data tersebut sudah dilakukan dengan menerapkan aplikasi Si Layar, yaitu Sistem Layanan Informasi WA Auto Response. Aplikasi ini memuat informasi seputar KUA dan Kementerian Agama dengan layanan hotline yang berbeda-beda di masing-masing KUA. Sehingga, masyarakat bisa mengaksesnya kapan pun dan di mana pun.

Fatah mengimbau kepada jajaran KUA untuk terus berinovasi di bidang pelayanan dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat. “KUA adalah wakil dari Kementerian Agama di tingkat Kecamatan. Dengan adanya revitaisasi KUA ini, pelayanan kepada masyarakat harus lebih ditingkatkan kualitasnya. Apalagi saat ini Kemenag Rembang tengah melaksanakan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi,” pungkas Fatah. — iq