Kemenag Rembang Siapkan Rp 958,8 juta untuk BOP RA

Rembang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang tengah mempersiapkan pencairan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk Raudlatul Athfal di lingkungan Kankemenag Kabupaten Rembang. Pencairan ini untuk semester II tahun 2021.

Pengelola BOP RA Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Chaizatul Hasanah mengatakan, jumlah RA yang mendapat BOP adalah 59 lembaga yang tercatat di Emis Seksi Pendidikan Madrasah. Total BOP yang akan dicairkan yaitu senilai Rp 958.800.000,-

“Setiap RA akan menerima Rp 600.000/siswa/tahun. Sehingga semester II tahun 2021 ini, per siswa menerima Rp300.000,” jelas Chaiza ketika diwawancara Selasa[31/8/2021].

Pihaknya kini tengah menunggu kelengkapan proposal dari RA. “Sebagian RA sudah mengajukan proposal. Sebagian lagi belum,” ujarnya.

Ia meminta RA agar segera melengkapi dan mengajukan proposal kepada Kemenag Rembang melalui Seksi Pendidikan Madrasah.”SK tentang Penetapan RA sebagai penerima BOP RA dari DIPA Kemenag Rembang sudah terbit. Tinggal menunggu kelengkapan proposal dari sebagian RA,” kata Chaiza.

Berdasarkan Petunjuk Teknis, BOP ini bisa digunakan untuk pembelian/sewa alat yang menunjang pembelajaran di era adaptasi kenormalan baru dan pencegahan Covid19.

Selain itu juga diperuntukkan, kegiatan pembelajaran melalui bermain, pengembangan perilaku hidup sehat dan penanganan stunting, kegiatan pengembangan potensi siswa RA, kegiatan ekstrakulikuler, pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan, pembayaran honor rutin, kegiatan penerimaan peserta didik baru, pengelolaan RA, dan pembelian/perawatan alat multimedia dan pengolah data RA. — iq