Kemenag Salatiga Bina Guru PAK

Salatiga – Demi meningkatkan pengetahuan dan wawasan guru pendidikan Agama Kristen (PAK), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga melalui Penyelenggara Kristen  menggelar kegiatan Pembinaan Guru Agama Kristen se-Kota Salatiga. Pembinaan yang berlangsung selama satu hari bertempat di Aula Hotel Le Beringin Kota Salatiga, diikuti 30 guru SD, SMP dan SMA/ SMK, Jumat (02/11).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Fahrudin mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh Penyelenggara Bimas Kristen tersebut. Dikatakannya, kegiatan yang dilaksanakan tersebut sejalan dengan misi Kementerian Agama.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan juga sesuai Peraturan Menteri Agama Nomor 13 tahun 2012 tentang organisasi dan tata kerja instansi vertikal Kemenag yang telah mengatur beberapa hal menyangkut urusan keagamaan yang merupakan satu dari lima tusi Penyelenggara Kristen yakni, kelembagaan dan sistem informasi bimbingan masyarakat kristen,“ ungkap Fahrudin.

Terkait dengan hal tersebut maka, Kementerian Agama Kota Salatiga berupaya  untuk merencanakan program-program yang kemudian dilaksanakan dalam bentuk kegiatan-kegiatan seperti pembinaan baik kepada umat maupun kepada lembaga agama dan keagamaan, diantaranya dititik beratkan pada peningkatan kualitas pendidikan agama dan peningkatan penghayatan moral dan etika keagamaan.  

“Peningkatan kualitas pendidikan agama Kristen tidak terlepas dari bagaimana para pendidik /guru dalam mengajar secara profesional sehingga peserta didik siswa akan senang mengikuti proses pembelajaran,” tambahnya.

Diharapkan dengan kegiatan Pembinaan guru Agama Kristen ini, dapat terwujudnya Guru Pendidikan Agama Kristen yang profesional, berkualitas, bertanggungjawab dan mampu berperan dalam pembangunan serta terwujudnya semangat, rasa kebersamaan dan partisipasi pada Guru Pendidikan Agaam Kristen Tingkat SD, SMP, SMA/SMK dalam mendidik dan melaksanakan program pembinaan anak-anak sebagai tunas muda penerus generasi bangsa, pungkasnya.

Kegiatan dipandu 3 (tiga) narasumber, yakni Kepala Kankemenag Fahrudin, Kasubag TU, Soleh Mubin dan Penyelenggara Kristen Dwi Kuncoro. Selama kegiatan berlangsung, seluruh peserta sangat proaktif mengikuti kegiatan setiap materi yang disapaikan narasumber, sehingga suasana tampak menggembirakan dan terjalin komunikasi timbal balik yang lancar. (KK-Mnc/gt)